Diskoperindag Pesbar Buka Pendaftaran Bantuan BPUM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kini mulai membuka pendaftaran bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mendapatkan Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) dari pemerintah pusat.

Kabid Koperasi dan UKM, Muhammad Irsyad, mendampingi Kadiskoperidag Pesbar, Herizan, S.E., mengatakan pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM mulai membuka pendaftaran penerima BPUM.

Bacaan Lainnya



“Sekarang kita sudah bisa menerima berkas usulan dari pelaku usaha yang ingin mendaftar sebagai penerima bantuan  dari pemerintah pusat, syarat-syaratnya juga sudah kita informasikan kepada para pelaku usaha,” kata dia.

Menurutnya, penyaluran BPUM pada tahun 2021 itu berbeda dari tahun 2020 lalu, dimana jumlah dana yang diterima pelaku usaha berkurang dari tahun lalu, jika tahun lalu sebesar Rp2,4 juta, kini hanya Rp1,2 juta.

“Mekanisme pengusulan juga harus melalui Diskoperindag, nantinya pelaku usaha yang menerima bantuan sesuai dengan surat keputusan (SK) yang dikeluarkan pemerintah pusat namun penyalurannya tetap melalui Bank BRI,” terangnya.

Ditambahkannya, bagi pelaku usaha yang telah mendaftarkan diri pada tahun 2020 lalu, tapi tidak menerima bantuan, tahun ini tidak perlu lagi mendaftar, karena berkas usulan sudah masuk ke kementerian.

“Begitu juga bagi pelaku usaha yang sudah terdaftar bahkan sudah menerima bantuan itu sebelumnya, tahun ini tidak perlu lagi mendaftarkan diri, cukup menunggu pengumuman saja,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pelaku usaha yang belum mendaftar pada tahun lalu dan baru akan mendaftar pada tahun ini, harus melengkapi sejumlah persyaratan yang dibutuhkan.

“Sejumlah syarat yang harus dipenuhi itu seperti, warga negara indonesia, memiliki KTP, memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan memiliki NIB atau surat keterangan usaha dari pekon, tidak sedang menerima kredit usaha rakyat, bukan ASN, anggota TNI-Polri, BUMN, dan BUMD,” paparnya.

Selain itu, pelaku usaha harus mengumpulkan dokumen pendukung seperti Fotocopy KTP, Fotocopy Kartu Keluarga, Fotocopy NIB atau surat keterangan usaha dari pemerintah pekon.

“Bagi pelaku usaha yang hendak mengusulkan bantuan dana itu dapat membawa langsung dokumen yang dibutuhkan ke Kantor Diskoperindag Pesbar, dan akan kita proses untuk disampaikan ke pusat,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait