Disnakkeswan Lampung Rapat Koordinasi Kesehatan Hewan dan Kesmavet

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) melakukan rapat koordinasi terkait kesehatan hewan dan kesmavet bersama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten/kota se-Provinsi Lampung di aula Disnakkeswan Provinsi Lampung, Rabu (10/3).

Kepala Disnakkeswan Ir. Lili Mawarti, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa Program Gubernur Lampung mewujudkan Visi “Lampung Berjaya”, sektor Pertanian (Peternakan) tertuang dalam dalam Misi kelima yakni membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis Pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan.

Bacaan Lainnya


Kemudian ia mengatakan untuk mewujudkan misi tersebut, ada beberapa program sektor Pertanian yang ada dalam janji Gubernur diantaranya, Meningkatkan produktivitas dan nilai tambah ekonomi untuk komoditas tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan, dan hutan kemasyarakatan melalui program subsidi, insentif, fasilitasi pemasaran, fasilitasi permodalan, fasilitasi inovasi dan teknologi produksi, penyediaan saprodi dan alsintan.

Selanjutnya membangun dan mengembangkan sentra pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, dan peternakan, sentra industri kecil, kawasan industri menengah dan besar, serta sentra pariwisata.

“Semua Janji Gubernur dalam sektor Pertanian (Peternakan) di implementasikan dalam bentuk Kartu Petani Berjaya (KPB) yang merupakan program unggulan Gubernur untuk meningkatkan pendapatan petani (peternak) menuju kesejahteraan melalui upaya penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis, dan terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi untuk lima tahun kedepan,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan tugas pokok saat ini, yakni membantu Gubernur melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi Kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan di bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan indikator kinerja utama peningkatan produksi daging dan telur sebesar 7% per tahun

Lanjutnya, peran sektor kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner dalam mewujudkan program gubernur sangat penting terutama untuk peningkatan produktivitas ternak melalui pencegahan dan pengobatan penyakit ternak, pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan Penyediaan penjaminan pangan Aman Sehat Utuh dan stakeholder terkait.

Ia juga mengatakan target kegiatan di Bidang Keswan dan Kesmavet tahun 2021 baik anggaran APBN maupun APBD yaitu target Operasional Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) yaitu 85.160 ekor, Vaksinasi Rabies sebanyak 4.500 dosis, Vaksinasi Avian Influenza 100.000 dosis dan vaksin Jembrana 5.000 dosis dan target Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV) 11 unit usaha dan pengadaan obat dan vitamin untuk mendukung program Sikomandan dan Puskeswan untuk 37 Puskeswan terpilih pengawasan peredaran dan distribusi obat hewan.

“Semua hal diatas tidak akan berhasil tanpa ada dukungan dari semua pihak terkait terutama dari kabupaten/kota. Karena itu, mari Bersama bahu membahu meningkatkan kerjasama dan koordinasi sehingga Masyarakat Lampung Berjaya di sektor Peternakan yang menjadi harapan Bapak Gubernur dapat tercapai,” tutupnya. (ded/mlo)




Pos terkait