Dispar Siapkan Perkebunan Damar Sebagai Ekowisata

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, mulai tahun ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan mengembangkan ekowisata di kabupaten setempat.

Salah satu wilayah yang disiapkan sebagai lokasi Ekowisata di Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama itu yakni Repong Damar, di Pekon Pahmungan, Kecamatan Pesisir Tengah yang memiliki potensi alam cukup menjanjikan sebagai sektor wisata unggulan.

Bacaan Lainnya



Sekretaris Dispar Pesbar, Marhasan Samba., mengatakan di seluruh wilayah Pesbar, alam yang dijual itu rata-rata sama, yakni keindahan pantai, pulau, sementara yang belum kita perhatikan adalah wisata alam yang dapat menjadi alternatif kunjungan wisatawan.

“Ekowisata merupakan kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan konservasi alam, pemberdayaan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat lokal,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam pengembangan ekowisata di Pekon Pahmungan yang fokus pada pengembangan hutan damar, pihaknya akan menyajikan wisata yang memberikan edukasi bagi wisatawan yang datang kesana.

“Saat mengunjungi hutan damar itu, wisatawan bisa disajikan pemadangan hutan dan atraksi masyarakat seperti proses mengunduh damar, pengolahan damar dan aktiftas masyarakat lokal di sana,” jelasnya.

Namun, tambahnya, sebelum mulai mengembangkan ekowisata itu, pihaknya akan terlebih dahulu memberikan pembinaan dan pemberdayaan bagi masyarakat setempat tentang bagimana mengelola perkembunan damar itu agar memiliki nilai wisata.

“Banyak kegiatan yang bisa menarik wisatawan datang ke perkebunan damar itu nantinya, namun kita harus melakukan persiapan dan melatih masyarakat agar bisa menerima wisatawan yang datang dengan ramah dan bersahabat,” terangnya.

Pihaknya berharap, Ekowisata perkebunan Damar itu dapat berkembang, sehingga banyak pilihan wisata di Pesbar, selain wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dan ombak sebagai wahana bermain surfing. Wisatawan juga dapat belajar tentang damar mata kucing di kabupaten setempat.

“Kita berharap Ekowisata perkebunan damar ini bisa menjadi sarana wisata pengunjung yang datang ke kabupaten ini, serta bisa memberikan edukasi tentang pengelolaan perkebunan dan hasil dari pohon damar itu,” pungkasnya.(yog/d1n/mlo)



Pos terkait