Disparekraf Lampung Buka Krakatau Great Sale

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ditengah pandemi Covid-19 dalam membangkitkan sektor pariwisata diperlukan semangat bersama dengan cerdas membaca dan memanfaatkan peluang, strategi promosi yang kompetitif dan berkelanjutan, kreatif dalam berkarya dan berinovasi dalam berusaha. 

Karena itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung menyelenggarakan Krakatau Great Sale di Mall Bumi Kedaton (MBK) dalam rangka Road to Lampung Krakatau Festival 2021, Senin (5/7).

Bacaan Lainnya

Kegiatan dengan harapan dapat memajukan industri kepariwisataan Lampung dan berkontribusi meningkatkan perekonomian daerah melalui percepatan pemulihan ekonomi produk unggulan UMKM yang akan berlangsung sampai dengan 1 Agustus.

Krakatau Great Sale salah satu upaya untuk percepatan pemulihan ekonomi produk unggulan yang diikuti oleh 48 UMKM.

Sekretaris Disparekraf Provinsi Lampung Adri,  mewakili KadisParekraf Lampung mengatakan kunci sukses pulihnya sektor pariwisata adalah penerapan standar protokol kesehatan CASE (cleanliness, health, safety, environmental) kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. 

“Budayakan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilisasi dan interaksi) dan 3T (testing, tracing, treatment) secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Lanjutnya, Membangun sektor pariwisata harus terintegrasi dengan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Saat ini UMKM justru mampu hadir menjadi tulang punggung ketahanan ekonomi. 

“Perkuat kemitraan antara pemerintah dan pelaku wisata dalam hal promosi sebagai salah satu dari empat pilar pemasaran pariwisata, selain pengembangan pasar, citra, dan promosi,” paparnya.

Ia juga menjelaskan digitalisasi pemasaran produk parekraf menjadi salah satu langkah strategis Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dalam Upaya memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

“Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Uno menyampaikan harapan bahwa pelaku usaha pariwisata agar terus merevolusi cara berpikir dalam mengelola sektor pariwisata, berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Melakukan adaptasi Sesuai dengan protokol kesehatan yang tepat untuk memastikan agar kita bisa keluar dari Pandemi Covid-19 dan memastikan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Lampung Berjaya siap dengan adaptasi kebiasaan baru yang produktif dan aman dari Covid 19. Semoga kita senantiasa diberi kemudahan, kesehatan serta Allah SWT meridhoi dan mengiringi langkah kita semua,” pungkasnya.

Sementara salah satu panitia Krakatau Great Sale Steven mengatakan di tengah pandemi Covid-19 masing-masing peserta Krakatau Great Sale wajib mengutamakan Patuhi Protokol Kesehatan.

“Setiap stan kita sudah sanitasi sebelum masuk, Protokol kesehatan diwajibkan menjaga jarak minimal satu meter, menggunakan masker dua lapis dan hand sanitizer kita sudah sediakan di semua titik,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan setiap pagi para penjaga stan diwajibkan melakukan pengecekan suhu tubuh.

“Setiap paginya kita melakukan cek suhu tubuh kemudian untuk jam operasional mengikuti PPKM yaitu jam 09.30 – 20.00 WIB,” Pungkasnya. (ded/mlo)


Pos terkait