Dispersip Lambar akan Bina Puluhan Perpustakaan Sekolah dan Pekon

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lambar Yudha Setiawan

Medialampung.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) gencar melaksanakan pembinaan terhadap perpustakaan sekolah dan pekon yang ada di kabupaten ini. Seperti halnya tahun ini instansi tersebut akan melaksanakan pembinaan di 28 perpustakaan di tingkat sekolah dan pekon.

“Tahun ini kita akan melaksanakan pembinaan di 18 sekolah dan 10 pekon yang tersebar di Kabupaten Lambar,” ungkap Kepala Dispersip Lambar Yudha Setiawan, S.I.P, Rabu (12/1).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, pada tahun lalu, pihaknya telah melaksanakan pembinaan di 21 perpustakaan sekolah dan 11 pekon yang ada di kabupaten ini, namun tahun ini pembinaan akan dilaksanakan di 18 sekolah dan 10 pekon.

“Tujuan dilaksanakannya pembinaan perpustakaan ini yaitu supaya perpustakaan sekolah dan perpustakaan pekon memahami pengelolaan perpustakaan, menciptakan kualitas sumber daya manusia (SDM), untuk memanfaatkan perpustakaan terciptanya budaya baca,” kata dia.

Selain itu, lanjut Yudha, perpustakaan memiliki peran dan fungsi menyiapkan koleksi buku cetak, perpustakaan juga dapat dijadikan wadah kegiatan masyarakat sebagai transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. 

“Kita berharap dengan adanya pembinaan kepada perpustakaan ini, perpustakaan tersebut lebih berkembang, pengelola perpustakaan memahami pengelolaan perpustakaan, perpustakaan sebagai pusat sumber belajar untuk mendorong terciptanya budaya baca sehingga pada akhirnya masyarakat memahami literasi dan literasi menuju kesejahteraan,” ucapnya.

Kata dia, materi pembinaannya secara umum sama antara sekolah dan pekon, seperti cara pengolahan buku, pelayanan pemustaka, bahan pustaka, kelengkapan sarana, penataan ruang, SDM tenaga pengelola perpustakaan, fasilitas IT dan lainnya. 

“Kegiatan pembinaan perpustakaan ini bersumber dari dana APBD Lambar tahun 2022,” tutupnya. (lus/mlo)

Pos terkait