Dispersip Lambar Miliki Koleksi 30.843 Buku

Plt. Kepala Dispersip Lambar Syafaruddin, S. Pd, M. Pd.

Medialampung.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Lampung Barat saat ini memiliki koleksi sebanyak 30.843 eksemplar buku dengan judul sebanyak 10.281.

Jumlah tersebut, selain koleksi yang berada di perpustakaan, juga tersebar di lamban baca dan 15 becak motor (Bentor) Perpustakaan Keliling di 15 kecamatan.

Bacaan Lainnya


Plt. Kepala Dispersip Lambar Syafaruddin, S.Pd, M.Pd., mengungkapkan, koleksi buku yang dimiliki pemkab setempat terdiri dari buku pengetahuan umum dan juga keagamaan. Khususnya untuk buku yang ada di Lamban Baca dan Bentor merupakan buku bacaan anak-anak. 

“Alhamdulillah, saat ini koleksi buku yang kami miliki sudah lumayan lengkap, begitu juga dengan buku-buku di lamban baja dan bentor,” ungkap Syafaruddin ditemui di ruang kerjanya, Jumat (28/1). 

Ia berharap dengan semakin lengkapnya koleksi buku di Perpustakaan tersebut bisa dimanfaatkan keberadaan oleh masyarakat, karena kegiatan membaca akan mencerdaskan, dengan membaca akan membawa masyarakat Lambar untuk terus berkembang bahkan semakin maju.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan layanan baik di perpustakaan yang ada di dinas maupun  melalui perpustakaan keliling. Selain itu  menyuguhkan buku bacaan yang menarik dan bermanfaat. Sehingga minat baca masyarakat semakin meningkat,” kata dia. 

Untuk Bentor perpustakaan keliling di 15 kecamatan, lanjut dia, terdapat petugas yang nantinya akan berkeliling di seluruh pekon dan sekolah dan ditargetkan delapan kali dalam sebulan. 

“Keberadaan perpustakaan keliling ini tentunya juga diharapkan meningkatkan minat baca masyarakat khususnya kalangan pelajar, karena bentor perpustakaan keliling ini dilengkapi dengan buku-buku sekolah,” imbuhnya. (nop/mlo)


Pos terkait