Disporapar Lambar Bahas Strategi Pariwisata Hadapi Era New Normal

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat, menggelar pembahasan  strategi Pariwisata menghadapi era New Normal, pasca pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Sabtu (30/5) melalui Zoom meeting. 

Pembahasan tersebut menghadirkan narasumber Kepala Disporapar Lambar Tri Umaryani, serta Akademisi Universitas Lampung dan Dra. Elly L. Rustiati, M.Sc., diikuti oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kabupaten setempat. 

Bacaan Lainnya



Tri Umaryani mengungkapkan, kedepan dunia pariwisata akan mengalami perubahan baik dari sisi wisatawan maupun destinasi wisata dan SDM pengelola wisata. 

“Hal itu akan terjadi pasca Pandemi Covid-19, dimana pariwisata juga harus mengacu kepada protokol kesehatan. Karena itu pentingnya kita menyiapkan strategi menghadapi era tersebut,” ungkapnya.

Lanjut dia, wisatawan akan semakin peduli dengan kesehatannya dan tentunya akan memilih destinasi wisata yang terjamin kehigienisannya.

“Dari sisi pengelola destinasi tentunya saat ini harus melakukan persiapan dengan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan higienitas misalnya tempat cuci tangan, hand sanitizer dan imbauan-imbauan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat di destinasi pariwisata,” kata dia. 

Sementara itu, Elly dari Unila memaparkan bagaimana persiapan Destinasi dalam menghadapi New Normal, yaitu dengan bersiap, mengembangkan potensi lokal dan pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM) dan promosi melalui media sosial.(nop/mlo)



Pos terkait