Disporapar Lambar Beri Pembekalan Pemandu Wisata

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat, menggelar Pelatihan Pamandu Wisata (Tour Guide) Arung Jeram dan Ekowisata, selama dua hari di aula Wisma Sindalapai, kemudian dilanjutkan dengan praktek lapangan dengan menghadirkan sejumlah narasumber dan pelatih berkompeten.

Kepala Disporapar Lambar Ronggur, SIP, M.Si., mengatakan, pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, berupa pelatihan di dalam ruangan, dengan pemaparan dari sejumlah narasumber, termasuk tutorial bagaimana pemandu wisata melaksanakan tugasnya.

Bacaan Lainnya


“Untuk hari pertama pelatihan dilaksanakan sampai malam, kemudian sore ini dan besok para pemandu wisata akan dibawa ke lokasi wisata untuk praktek lapangan, yakni ke Danau Suoh dan Arung Jeram Way Besai, dalam praktek lapangan ini mereka akan didampingi pelatih, yang memang sudah berpengalaman menjadi pemandu wisata,” ungkap Ronggur.

Dijelaskan, pemandu wisata atau tour guide adalah yang bertugas memberikan bantuan, informasi dan interpretasi warisan budaya, sejarah serta kontemporer kepada pengunjung/wisatawan/peserta tur di tempat-tempat bersejarah, dan tempat wisata.

“Karena itu mereka harus betul-betul mengetahui tentang informasi lokasi wisata, dan mampu menyampaikan informasi dengan sebaik-baiknya kepada wisatawan yang berkunjung, karena itu kami berinisiatif menggelar pelatihan ini, dengan bekerjasama dengan kelompok sadar wisata,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, destinasi wisata Lambar mulai menjadi tujuan wisatawan, yang tidak hanya berasal dari dalam daerah melainkan juga banyak wisatawan dari luar daerah juga berdatangan, karena itu diperlukan para pemandu wisata yang handal, sehingga wisatawan yang berkunjung merasa puas.

“Destinasi wisata kita sudah sangat dikenal masyarakar luar, karena itu bagaimana kita membenahi sumberdaya manusia, khususnya pemandu wisata sehingga wisatawan yang berkunjung mendapatkan kesan yang lebih baik, dan tentunya akan berdampak pada nama baik Lampung Barat dan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan,” pungkasnya. (nop/mlo)




Pos terkait