Disporapar Lambar Bina 26 Pokdarwis 

  • Whatsapp
Kabid Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Disporapar Lambar Cekden Hamdan

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lambar tahun ini mengadakan kegiatan pembinaan terhadap kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Seperti halnya besok, Sabtu (21/11) instansi tersebut rencananya akan melaksanakan kegiatan pembinaan di Curug Cengkaan dan Pinusan Kecamatan Sumberjaya dan Minggu (22/11) di arung jeram BUMDes Tirtajaya Kecamatan Sumberjaya.

“Ada 26 Pokdarwis di Kabupaten Lambar yang dilakukan pembinaan oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata,” ujar Kabid Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Cekden Hamdan mendampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tri Umaryani, S.P, M.Si, Jumat (20/11)

Bacaan Lainnya


Menurut dia, pembinaan tersebut dengan turun langsung kelapangan memberikan pengarahan kepada Pokdarwis dan terkait tata kelola dan manajemennya.

“Kita juga menampung aspirasi dari mereka seperti apa yang diinginkan mereka serta kendala kendala yang dihadapi di lapangan seperti apa dan akan kita diskusikan bersama,” kata dia

Secara umum, kata dia, fungsi Pokdarwis dalam kegiatan kepariwisataan adalah sebagai penggerak Sadar Wisata dan Sapta Pesona di lingkungan wilayah di destinasi wisata, serta sebagai mitra pemerintah dalam upaya perwujudan dan pengembangan sadar wisata di daerah. 

Lanjut dia, Pokdarwis memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata. Diharapkan masyarakat dapat menciptakan gerakan sadar wisata dan sapta pesona, yg diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan pembinaan antara lain untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan. 

“Selain pembinaan, kita juga melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) dilapangan,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait