Distan Bina Kelompok Budidaya Tembakau

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melakukan pembinaan dan penguatan kelembagaan petani tembakau di sejumlah kecamatan yang ada di kabupaten setempat. Kegiatan itu dipusatkan di Aula STIT Mulatazam, Pekon Rawas, Selasa (15/10).

Hadir dalam kesempatan itu, Kadistan Pesbar Ir. Muhammad Aziz, Kabid Perkebunan, Iswandi, narasumber dari Disbunak Provinsi Lampung Ahliansyah, S.P., Distributor Tembakau PT. AOI Beni Setiawan dan sekitar 50 orang peserta budidaya tanaman tembakau.

Bacaan Lainnya



Kabid Perkebunan, Iswandi, mendampingi Kadistan Pesbar Ir. Muhammad Aziz., melalui Kasi Produksi Perkebunan, Arif Isharyanto mengatakan, kegiatan itu diikuti oleh kelompok budidaya tembakau dari Kecamatan Bangkunat, Ngaras, Ngambur, dan Lemong.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian petani tembakau dalam mengembangkan tanaman tembakau,” kata dia.

Selain itu, kelompok budidaya tembakau juga dituntut untuk memiliki inovasi dalam mengembangkan tanaman tembakau, sehingga tidak harus selalu menunggu batuan dari pemerintah saat akan melakukan penanaman.

“Petani harus bisa mandiri, bantuan yang kita siapkan sifatnya stimulan, yakni memberikan bantuan ke petani untuk tanam pertama, selanjutnya diharapkan petani bisa melakukan penanaman secara mandiri dengan bibit sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, luas lahan yang dimanfaatkan untuk melakukan penanaman tembakau di empat kecamatan itu mencapai 10 hektar, tiga hektar diantaranya telah melakukan panen, sementara sisanya tujuh hektar baru proses tanam.

“Kita berharap petani tembakau di kabupaten ini dapat mengembangkan tanaman tembakau secara mandiri, tanpa harus menunggu bantuan dari pemerintah, selain itu petani juga harus lebih disiplin dalam melakukan penanaman,” tandasnya. (yog/d1n/mlo)



Pos terkait