Distan dan Petani Kabupaten Pemalang Belajar Kopi dari Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Guna mempelajari tentang kopi, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah bersama 25 orang petani di daerah itu melaksanakan studi komparatif kelompok tani kopi ke Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Jumat (2/8/2019).

Kedatangan rombongan yang dipimpin langsung Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Aris Munandar, S.I.P, dan didampingi Kabid Perkebunan Iing Winarso,S.P. M.Si, Suko Widiyanto, S.P dan Madyani selaku kasi tersebut disambut oleh Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lambar Agustanto Basmar, S.P, M.Si.

Bacaan Lainnya



“Rombongan tiba di Kabupaten Lambar sore ini dan sambut oleh kepala dinas, ” ujar Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lambar Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Jumat (2/8/2019)

Menurut dia, petani dan pendamping dari Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang itu akan mempelajari tentang cara budidaya yang baik, perlindungan tanaman kopi, pemanenan dan pengolahan pasca panen.

“Kita siap untuk mendampingi dan menjelaskan tentang perkopian di Kabupaten Lambar, mulai dari cara tanam, pemupukan, pemeliharaan, panen hingga pemasaran kepada rombongan teman-teman dari Kabupaten Pemalang,” akunya.

Untuk lokasi studi komparatif itu untuk budidaya dan pasca panen lokasinya di daerah Airputih Pekon Tambakjaya milik Subardi Aziz sedangkan untuk pengolahan di Pekon Gunungterang di kediaman Suparyoto.

Menurut dia, dengan dipilihnya Kabupaten Lambar sebagai lokasi studi komparatif, itu menandakan bahwa perkopian di Kabupaten Lambar telah dikenal masyarakat luas serta patut dicontoh oleh daerah lain.

“Kita menyambut baik dengan adanya studi yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang untuk belajar tentang kopi di Kabupaten Lambar. Dengan adanya studi komparatif ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para petani serta pendamping dari Kabupaten Pemalang, dan diharapkan ikut serta mempromosikan kopi robusta Kabupaten Lambar,” tandasnya.(lus/mlo)



Pos terkait