Distan Maksimalkan Pembinaan Kelompok Ternak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mulai melaksanakan pembinaan dan pelayanan kesehatan ternak kelompok ternak di kabupaten setempat. Terlebih dalam menghadapi pelaksanaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah mendatang banyak hewan kurban yang dibutuhkan masyarakat.

Kepala Distan Pesbar, Ir.M.Aziz, melalui Kasi Keswan Kesmavet drh. Putri Mustika, mengatakan kini pihaknya masih rutin melakukan pembinaan dan pelayanan kesehatan hewan ternak di setiap kelompok ternak. Mengingat hingga kini penyakit ternak khususnya ternak sapi masih sering ditemukan ada penyakit cacing, terutama cacing hati.

Bacaan Lainnya



“Dengan dilakukan pembinaan dan pelayanan kesehatan ternak itu diharapkan bisa meminimalisir terjadinya penyakit yang menyerang hewan ternak,” katanya.

Terlebih, kata dia, dalam menghadapi hari raya Idul Adha mendatang, tentu akan banyak hewan ternak yang dibutuhkan untuk kurban. Sehingga peternak harus benar-benar teliti untuk menjual hewan ternaknya. Untuk itu, dihimbau kepada peternak yang akan menjual hewan ternak khususnya sapi yang akan dijadikan hewan kurban agar dapat memberikan obat cacing minimal 28 hari sebelum hari Raya Idul Adha.

“Hal itu bertujuan agar ternak bersih dari cacingan dan juga daging sapi bebas dari residu obat cacing, artinya kandungan obat cacing akan benar-benar hilang dari organ dan daging sapi minimal 28 hari,” jelasnya.

Selain itu, masih kata Putri, pihaknya juga mengimbau kepada pembeli hewan kurban untuk dapat berhati-hati terhadap penyakit-penyakit menular seperti antraks dan jembrana (khusus pada sapi bali). Karena itu jika sapi tersebut dibeli diluar dari luar wilayah Kabupaten Pesbar, maka wajib memiliki sertifikat veteriner atau surat kesehatan hewan dari asal ternak tersebut.

“Kami juga akan melakukan pengecekan hewan ternak untuk kurban itu pada H-7 dan hari H pelaksanaan Idul Adha untuk memastikan kesehatan hewan kurban dan daging hewan kurban,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait