Distan Pesbar Mulai Periksa Hewan Kurban

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk menjamin kebersihan dan kesehatan dan kelayakan terhadap hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah mendatang. Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Jumat (16/7), mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban  di Kabupaten setempat.

Kabid Peternakan, Mesrawan, S.STP, M.Si., mendampingi Kadistan Pesbar Ir.M.Aziz, mengatakan bahwa pemeriksaan hewan kurban yang akan disembelih pada hari Raya Idul Adha itu sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi ada penyebaran penyakit pada hewan kurban yang akan dikonsumsi. Sehingga dengan dilakukan pemeriksaan itu bisa diketahui kondisi kesehatan hewan ternak yang akan disembelih untuk kurban nanti.

Bacaan Lainnya

“Dengan dilakukan pengecekan itu, mudah-mudahan kesehatan, kebersihan dan kelayakan hewan kurban benar-benar terjamin, dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” katanya.

Dijelaskannya, dalam pengecekan hewan kurban di Kabupaten Pesbar yang dimulai hari ini dengan melibatkan sekitar 10 orang petugas. Untuk sementara ini beberapa hewan kurban baik sapi, maupun kambing yang telah dilakukan pemeriksaan tersebut semuanya dalam kondisi sehat dan aman dikonsumsi, serta layak untuk disembelih pada hari Raya Idul Adha nanti.

“Dari hasil pemeriksaan tersebut, kita belum menemukan adanya hewan ternak yang sedang sakit. Artinya, untuk sementara ini semua hewan kurban yang telah diperiksa itu dalam kondisi sehat,” jelasnya.

Masih kata dia, untuk pemeriksaan hewan kurban itu juga direncanakan hingga hari H Idul Adha 1442 Hijriah yakni pada Selasa (20/7) mendatang. Mudah-mudahan tidak terkendala. Sedangkan, untuk jumlah hewan ternak baik sapi, kerbau maupun kambing/domba yang akan disembelih nanti baru bisa diketahui secara keseluruhan saat pelaksanaan hari Raya Idul Adha nanti. Karena nanti semua data jumlah kurban itu akan terkumpul melalui panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Pesbar.

“Kita tetap mengimbau PHBI dan panitia kurban di tingkat Pekon dan Kecamatan agar dalam proses penyembelihan hewan kurban nanti dengan menerapkan 3-Kan (tenangkan hewan, tajamkan pisau, dan segerakan proses). Sehingga mudah-mudahan dalam proses penyembelihan dapat berjalan lancar dan tidak terjadi kendala,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait