Distan Pesbar Terima 1,5 Ton Rodentisida dari Kementan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mendapat bantuan sebanyak 1,5 ton Rodentisida untuk mengendalikan serangan hama tikus pada tanaman padi dari Kementerian Pertanian (Kementan) yang akan disalurkan kepada kelompok tani di kabupaten itu, Jumat (23/7).

Kabid Tanaman Pangan, Gunawan, S.P., mendampingi Kadistan Pesbar Ir. M. Aziz, mengatakan bahwa bantuan dari Kementan ini merupakan bantuan rutin dari Kementan melalui Ditjen Tanaman Pangan. 

Bacaan Lainnya

Selain itu juga rodentisida tersebut merupakan usulan dari Distan Pesbar dalam upaya untuk pengendalian hama tikus di Kabupaten Pesbar. Karena itu, jika nanti ada kelompok tani yang membutuhkan rodentisida tersebut diharapkan agar dapat berkoordinasi dengan penyuluh pertanian maupun datang langsung ke kantor Distan setempat.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan rodentisida itu serangan hama tikus pada tanaman padi maupun tanaman pangan lainnya di Kabupaten Pesbar ini bisa dikendalikan dengan maksimal,” katanya.

Dijelaskannya, selama ini serangan hama tikus terutama pada tanaman padi di sejumlah wilayah di Kabupaten Pesbar ini memang masih rentan terjadi. Sehingga peran serta petani dalam pengendalian serangan hama tikus tersebut jelas sangat penting. Untuk itu, pihaknya berharap petani di Kabupaten Pesbar ini juga tetap waspada dan terus mengamati tanaman padi di lahan persawahan, maupun tanaman jagung dan kedelai yang juga rentan terserang hama tikus.

“Jika di wilayahnya terjadi serangan hama tikus pada tanaman padi ataupun tanaman pangan lainnya, kita minta petani segera berkoordinasi dan juga mengusulkan bantuan rodentisida tersebut,” pungkasnya.(yan/mlo)


Pos terkait