Distan Pesbar Tunggu Realisasi Penyerapan GKG

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih menunggu tindak lanjut dari Badan Urusan Logistik (Bulog) mengenai rencana penyerapan Gabah Kering Giling (GKG) dari petani di kabupaten setempat.

Kabid Tanaman Pangan, Gunawan, S.P., mendampingi kepala Distan Pesbar, Ir.Muhammad Aziz, mengatakan pekan lalu Distan setempat bersama Bulog, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Kelompok Tani (Poktan), dan instansi terkait lainnya telah mengadakan pertemuan untuk membahas tindak lanjut penyerapan gabah di Kabupaten setempat.

“Saat ini harga Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani masih cukup rendah antara Rp3.200-3.400,-/kilogram (kg). Sehingga kondisi ini harus segera ada solusinya,” katanya, Minggu (4/4).

Dijelaskannya, pada pertemuan pertama, bulog bersedia menyerap gabah petani sebanyak 1.500 ton. Tapi, dari hasil pertemuan kedua pekan lalu disepakati bahwa bulog bersedia untuk menyerap lebih dari 1.500 ton, yakni maksimal 6.000 ton GKG atau setara dengan beras sebanyak 3.000 ton.

“Untuk serapan GKG ditingkat petani yang akan diserap bulog itu dengan harga Rp5.300,-/kg, sedangkan untuk serapan harga beras yakni sebesar Rp8.300,-/kg,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, sesuai dengan hasil kesepakatan itu petani di Kabupaten Pesbar berharap agar Bulog dapat segera menyerap gabah petani, terutama GKG itu, pasalnya, hingga kini masih banyak gabah petani yang belum terserap maksimal pasca musim panen awal tahun 2021 lalu. Artinya, masih minim terserap. Kini Distan Pesbar juga masih menunggu dan akan kembali berkoordinasi dengan bulog mengenai tindak lanjut rencana penyerapan gabah di Pesbar itu.

“Mudah-mudahan semua gabah petani di Kabupaten Pesbar ini bisa segera terserap sesuai dengan harapan kita bersama. Karena itu juga merupakan harapan petani untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun operasional penggarapan kembali lahan sawahnya,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait