Ditengah Pandemi Covid-19, Bawaslu Surati Balon Bupati-Wabup Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah melayangkan surat imbauan kepada bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesbar yang akan maju pada Pilkada serentak di Kabupaten Pesbar mendatang. 

Anggota Bawaslu Pesbar, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Heri Kiswanto, mengatakan surat yang telah dilayangkan kepada para bakal calon di Pesbar ini menyusul adanya pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya



Karena itu surat yang dilayangkan tersebut sebagai peringatan atau warning, terlebih khususnya pada petahana yang akan maju di Pilkada mendatang, tentu bisa saja memanfaatkan anggaran pemerintah dalam pemberian bantuan seperti untuk penanganan Covid-19 maupun bantuan lainnya yang mengatasnamakan petahana dan lainnya.

“Para balon bupati dan wakil bupati yang berpotensi akan maju pada Pilkada Pesbar semuanya sudah kita surati,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya juga mengimbau kepada Pemerintah Daerah untuk tidak memanfaatkan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat dengan unsur kampanye, guna menghindari kepentingan politik dalam proses Pilkada seperti di Kabupaten Pesbar nanti.

“Bawaslu tidak melarang untuk balon bupati maupun wakil bupati membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19, namun itu jangan ada embel-embel untuk kepentingan pencalonan,” jelasnya.

Masih kata dia, Bawaslu Pesbar tentunya akan terus memaksimalkan pengawasan di lapangan untuk mengantisipasi terjadinya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh para bakal calon maupun pihak-pihak terkait lainnya, meski saat ini rencana penundaan Pilkada masih belum jelas karena dampak dari wabah virus corona atau Covid-19 tersebut.

Menurutnya, para bakal calon tentu sudah selayaknya untuk memberikan dan melakukan pendidikan politik yang santun, sehingga kedepan masyarakat memilih sesuai dengan hati nurani. Artinya, masyarakat memilih bukan berdasarkan dengan adanya suatu pemberian atau imbalan. Untuk itu diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat dapat lebih bijak dalam menentukan pilihan demi terpilihnya kepala daerah yang baik sesuai harapan bersama.

“Kita berharap agar para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pesbar dalam pelaksanaan Pilkada serentak nanti dapat mengedepankan etika dalam berpolitik,” pungkasnya.(yan/mlo)



Pos terkait