Diterjang Banjir, Ratusan Tanaman Warga Sukabanjar Rusak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bencana banjir bandang menerjang areal perkebunan warga di Pemangku V, Pekon Sukabanjar, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat saat hujan deras melanda kawasan setempat pada Jumat malam (26/2).

Akibatnya, ratusan tanaman yang terdiri dari kopi, jahe merah, pisang, serta alpukat rusak akibat terjangan banjir yang membawa material berupa tanah dan batu.

Bacaan Lainnya


Peratin Sukabanjar Hasimi mengatakan usai dilanda hujan deras pada jum’at malam itu, hari ini pihaknya bersama warga telah melakukan pengecekan ke lokasi dan bencana itu merusak areal perkebunan milik tiga warga setempat.

“Di lokasi tadi ada ratusan tanaman rusak, mulai dari tanaman kopi, jahe merah yang baru berusia lima bulan, kebun pisang serta tanaman alpukat,” kata Hasimi.

Menurutnya, banjir bandang itu baru pertama kalinya terjadi di kawasan tersebut, terjangan air yang berasal dari atas bukit Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) itu membawa material tanah dan batu, sehingga areal perkebunan warga dibuat rusak parah.

“Total kerugian ditafsir mencapai puluhan juta, karena yang sudah jelas merugi adalah petani jahe. Modal bibitnya saja sekitar 800 Kg di kali Rp25 Ribu/kg belum lagi tanaman lainnya,” jelasnya.

Untuk itu, terusnya, masyarakat berharap perhatian pemerintah daerah karena saat ini para warga tersebut tengah mengalami kesulitan ekonomi.

“Karena sumber kehidupan masyarakat disini hanya mengandalkan penghasilan dari perkebunan, dan itupun sudah tidak dapat diharapkan karena tanaman mereka sudah rusak akibat terdampak banjir,” tandasnya.(edi/mlo)


Pos terkait