Diterpa Pandemi Covid-19, Bulog Jamin Stok Beras Masih Aman

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Perum Bulog memastikan bahwa stok beras di Kabupaten Lampung Barat ditengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang belum berakhir masih aman dan cukup meskipun alokasi meningkat seiring dengan banyaknya penyaluran bantuan sosial (Bansos).

Kepala Gudang Bulog Liwa Lukman menerangkan, bahwa Bulog Liwa sebagai badan usaha milik Negara yang bergerak di bidang pangan memastikan akan terus menjamin ketersediaan dan kecukupan pangan di wilayah kerjanya. 

Bacaan Lainnya

“Jadi tidak perlu khawatir, karena stok yang ada selalu dalam kondisi aman dan tercukupi, meskipun memang ada peningkatan dari alokasi rutin untuk bantuan sosial sebanyak 150 ton per bulan, tapi itu pun tidak mempengaruhi kesiapan stok yang saat ini ada sebanyak 700 ton,” jelasnya. 

Terlebih, kata dia, pada bulan April- Mei mendatang sebagian besar petani di lambar telah memasuki masa panen, sehingga akan membantu serapan untuk memenuhi pasokan beras di gudang Bulog.

“Sampai bulan april nanti stok beras kita masih ada sekitar 400 ton, dan stok akan terus bertambah seiring memasuki masa panen, sehingga tidak perlu khawatir bahkan selain siap memenuhi alokasi rutin, jika sewaktu-waktu harga beras meningkat kita siap gelar operasi pasar,” imbuhnya.

Sebab, lanjut dia, sebagai BUMN perum Bulog memegang teguh tiga pilar, adapun pilar yang pertama yaitu ketersediaan. Melalui ketersediaan ini Perum Bulog selalu melaksanakan proses penyerapan gabah dan beras dari hasil petani.

“Kemudian pilar yang kedua adalah keterjangkauan. Jadi pada pilar ini Bulog melakukan penyebaran stok, sehingga dapat dipastikan bahwa stok terjamin dan mencukupi. Termasuk Bulog juga melaksanakan operasi pasar dan juga distribusi untuk kebutuhan masyarakat,” kata dia.

Selanjutnya pilar yang terakhir yaitu stabilisasi harga. Dalam hal ini ada skema penyerapan gabah dan beras dari petani, kemudian dari sisi hilir Bulog juga melaksanakan stabilisasi harga ditingkat konsumen.

“Jadi ketiga pilar ini yang menjadi komitmen kami untuk senantiasa melayani kebutuhan masyarakat, dan menjadi mitra pemerintah untuk mencukupi kebutuhan pangan,” pungkasnya.(edi/mlo)




Pos terkait