Ditetapkan Jadi Walikota dan Wakil Walikota Terpilih, Eva-Deddy Sujud Syukur 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Eva Dwiana-Deddy Amarullah ditetapkan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung periode 2021-2026 di Ballroom Swissbell Hotel oleh KPU Kota Bandarlampung, Kamis (18/2).

Pasangan Calon Nomor Urut 3 yang diusung partai PDIP, NasDem dan Gerindra tersebut meraih perolehan suara terbanyak, yakni 249.241 suara.

Bacaan Lainnya




Surat penetapan yang tertuang dalam Berita Acara No. 079/PL.02.7-BA/1871/KPU-Kot/I1/2021 tentang Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Terpilih Dalam Pilwakot Bandarlampung Tahun 2020.

Keputusan KPU Bandarlampung kemudian diserahkan kepada Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung Terpilih, Eva Dwiana-Deddy Amarullah, disaksikan Bawaslu Kota Bandarlampung.

“Pasca diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin (15/2), KPU RI menerima salinan putusan MK pada Selasa (16/2) dan diterima KPU Kota Bandarlampung pada Rabu (17/2) kemarin,” ungkap ketua KPU Bandarlampung Dedy Triadi.

“Selanjutnya kami berlima, komisioner KPU Kota akan menyerahkan keputusan kepada DPRD Kota Bandarlampung untuk diparipurnakan,” katanya

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Walikota Bandarlampung Badri Tamam yang turut hadir dalam rapat pleno mengatakan, hasil penetapan akan diserahkan ke DPRD.

“DPRD Bandarlampung yang akan menggelar rapat paripurna istimewa penyampaian permohonan penetapan,” ujar Badri.

Ketua DPRD Bandarlampung Wiyadi menambahkan proses pelantikan Walikota segera selesai, sehingga bisa langsung bekerja.

“Jadwal pelantikan kita serahkan ke Kemendagri,” ujar Wiyadi.

Pasangan Calon Nomor Urut 3 Eva Dwiana-Deddy Amrullah, usai ditetapkan sebagai Walikota dan Walikota Terpilih langsung melakukan sujud syukur di tengah ruang rapat pleno. 

“Alhamdulilah, Bunda Eva dan Pak Deddy sudah ditetapkan oleh KPU Bandarlampung menjadi Walikota dan Wakil Walikota, dan insya Allah nanti siang ini sudah diparipurnakan oleh DPRD Bandar Lampung,” ucap Eva sambil terisak saat diwawancara usai sidang pleno.

Bunda Eva mengatakan sangat berterima kasih kepada masyarakat Kota Bandarlampung yang telah berjuang bersama dalam pemilihan kemarin.dia juga meminta maaf bila dalam pelaksanaan kampanye kemarin ada yang terganggu aktivitasnya 

“Terima kasih juga kepada awak media yang sudah meliput dari mulai awal tahapan-tahapan hingga penetapannya sebagai Walikota dan Wakil walikota,” tandasnya.(*/mlo)


Pos terkait