DKP Lambar Bangun Gudang Lumbung Pangan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lambar tahun ini membangun satu unit gudang lumbung pangan masyarakat di Pekon Padangcahya Kecamatan Balikbukit tepatnya di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Al-Hidayah.

“Pembangunan gudang lumbung pangan ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Penugasan Bidang Pertanian.  Selain gudang, juga akan dibangun fasilitas lain seperti rumah mesin, lantai jemur, rumah jaga dan WC,” ungkap Kasubbag Perencanaan Darwin Sabara, S.E mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Edi Yusuf, S.Sos, M.H, Senin (6/9).

Dijelaskannya, gudang lumbung pangan berukuran 6×10 meter tersebut dibangun secara swakelola oleh kelompok dan progres pembangunannya saat ini telah mencapai 60-65%. 

“Untuk pembangunan gudang dan sejumlah fasilitas tersebut anggarannya sebesar Rp320 juta. Selain itu juga akan  ada bantuan mesin, yaitu mesin penggilingan gabah kapasitas diatas 0.5 ton/jam, mesin pemutih beras, mesin pemisah menir, elevator, mesin penepung halus, mesin jahit karung, serta mesin Hand lift  dengan anggaran Rp180 juta,” kata dia.

Lanjut Darwin, untuk mengisi gudang lumbung pangan tersebut, pemerintah daerah juga akan mengalokasikan bantuan gabah sebanyak 5 ton bersumber dari APBD Lambar.  “Dari APBD ada bantuan gabah sebanyak 5 ton,” ucapnya.

Kata dia, tujuan dibangunnya gudang lumbung pangan itu sebagai sarana penyimpanan, pengolahan cadangan pangan masyarakat yang diharapkan nantinya keberadaan gudang lumbung pangan ini dapat memberikan dampak dalam mengatasi ketersediaan pangan pokok di tingkat masyarakat.

“Jadi nantinya dengan adanya gudang tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi kelompok serta menstabilkan ketersediaan dan harga pangan di tingkat masyarakat,” harapnya.(lus/mlo)


Pos terkait