DKP Lambar Tinjau Stok Cadangan Pangan di Bulog

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Guna memastikan ketersediaan kualitas dan kuantitas stok cadangan pangan pokok pemerintah daerah, Kabid Ketersediaan, Cadangan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lambar  Rusman, S.Sos, M.M., meninjau sekaligus berkoordinasi dengan pihak Bulog Liwa, Minggu (22/3).

“Kita telah melakukan peninjauan dan berkoordinasi dengan Kepala Bulog Liwa Lukman untuk memastikan ketersediaan kualitas dan kuantitas stok cadangan pangan pokok pemerintah daerah khususnya yang bersumber dari APBD Kabupaten Lampung Barat yang dititipkan di Gudang Bulog, kemudian kita juga perlu mengetahui cadangan pangan pemerintah yang bersumber dari APBN. Hasil koordinasi kita dengan pihak Bulog bahwa untuk stok cadangan pangan pemerintah daerah berupa beras aman,” ujar Rusman mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ruspan Anwar, S.H, Minggu (22/3)

Bacaan Lainnya



Kata dia, pihaknya secara aktif akan melakukan koordinasi guna memastikan stok beras cukup dan kualitasnya baik sehingga tidak perlu dilakukan pelepasan cadangan pangan terlebih dahulu karena mutunya kurang baik.

“Yang lebih penting lagi apabila sewaktu waktu dibutuhkan semuanya tidak ada masalah, siap barang siap mutu,” tegasnya.

Masih kata Rusman,  untuk ketersediaan cadangan pangan pemerintah daerah berupa beras sebanyak 11.420 kilogram (Kg) itu dititipkan di Bulog Liwa. 

Selain beras, pihaknya juga menyiapkan gabah sebanyak 521 Kg  yang disimpan di gudang pangan Dinas Ketahanan Pangan di Pekon Sebarus Kecamatan balikbukit.

Untuk cadangan beras pemerintah tersebut, lanjut dia, selama ini dititipkan di Bulog Liwa karena sejauh ini pemerintah daerah belum ada gudang penyimpan beras yang memenuhi standar.

“Cadangan beras ini akan digunakan apabila ada musibah dan rawan kelapangan serta kemiskinan. Sepanjang ada permintaan atau usulan baik dari organisasi perangkat daerah (OPD) maupun kecamatan dan pekon yang disampaikan kepada kami maka kita siap untuk mendistribusikannya,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait