DKP Merespon Cepat Permintaan Stok Cadangan Pangan

  • Whatsapp
Kabid Ketersediaan, Cadangan dan Kerawanan Pangan Rusman, S.Sos, M.M

Medialampung.co.id – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lambar  mengeluarkan stok cadangan pangan atas permintaan yang diajukan Dinas Sosial sesuai kebutuhan dari data yang diterima baik bersumber dari peratin maupun yang telah dihimpun dari hasil rekapan oleh kecamatan.

“Stok cadangan beras yang diajukan sebanyak 2600 kilogram (Kg) atau 2,6 ton, yang selanjutnya stok tersebut  disalurkan oleh Dinas Sosial kepada warga terdampak akibat bencana banjir yang melanda beberapa waktu lalu, antara lain di Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh,” ujar Kabid Ketersediaan, Cadangan dan Kerawanan Pangan Rusman, S.Sos, M.M mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ruspan Anwar, S.H.

Bacaan Lainnya



Lanjut dia, sebelumnya pihaknya juga mengeluarkan sebanyak 200 Kg beras yang diperuntukkan kepada masyarakat Pekon Kerang Kecamatan Batubrak yang juga terkena dampak bencana banjir tersebut. 

“Jadi sejauh ini stok cadangan pangan beras yang dikeluarkan sebanyak 2,8 ton beras,” ungkap dia.

Masih kata Rusman, jumlah stok cadangan pangan pemerintah daerah yang dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan bersumber dari dana APBD Lambar yang tersisa di gudang sebelumnya 10.670 Kg (10,67 ton) maka setelah dikeluarkan hingga Senin (4/5/2020)  sebanyak 2800 Kg (2,8 ton) sehingga stok cadangan pangan DKP yang ada tersisa saat ini tinggal sebanyak 7.870 Kg (7.87 ton) lagi.

“Untuk stok cadangan pangan DKP tersebut dititipkan di Gudang Bulog Liwa Lampung Barat,” imbuhnya.

Lanjut dia, cadangan beras ini akan digunakan apabila ada musibah dan rawan kelapangan serta kemiskinan. Sepanjang ada permintaan atau usulan baik dari organisasi perangkat daerah (OPD) maupun kecamatan dan pekon yang disampaikan kepada pihaknya. “Intinya kita siap menyalurkan sepanjang ada permintaan dari OPD, seperti halnya dari Dinas Sosial,” pungkas Rusman (lusi/mlo)



Pos terkait