DLH Gelar Aneka Lomba Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lambar  menggelar aneka lomba kegiatan edukasi dan komunikasi masyarakat di GOR Ajisaka Kawasan Sekuting Terpadu Kecamatan Balikbukit, Rabu (28/8).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten I  Bidang Pemerintahan dan Kesra Wasisno Sembiring, S.E, M.P, serta dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Drs. Ismet Inoni, M.M, serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya



“Dalam kesempatan ini, Pemkab Lambar  mengedukasi terutama pada siswa dan siswi semua tingkatan untuk berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dengan melakukan kegiatan pada hari ini yang merupakan bagian dari kampanye pelestarian lingkungan hidup, mengenalkan pada anak melalui lomba mewarnai dan menggambar dengan tema lingkungan hidup serta memanfaatkan barang yang tidak dapat digunakan lagi untuk didaur ulang agar didapat manfaatnya,” ujar Wasisno dalam sambutannya.

Dijelaskannya, tema hari lingkungan hidup sedunia tahun ini yakni “Biru Langitku” yang menggambarkan upaya kita untuk mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi kita menjadi lebih hijau.  Untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor, maka dilakukan upaya-upaya untuk membuat kota menjadi lebih hijau dengan memperbanyak taman kota, membangun trotoar untuk pejalan kaki, serta membangun jalur bersepeda.

“Berbagai upaya pemerintah, masih perlu terus ditingkatkan, dan kita harus terus meneguhkan niat untuk menjaga lingkungan. Niat ini tentu menjadi lebih bermakna lagi, jika diimplemantasikan pada semua segi kehidupan kita seperti menjaga lingkungan dari polusi serta menjaga lingkungan agar tetap bersih dan indah,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Drs. Ismet Inoni, M.M mengatakan,  maksud diselenggarakannya acara aneka lomba kegiatan edukasi dan komunikasi masyarakat di bidang lingkungan hidup adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa dari tingkat terendah yaitu PAUD  hingga tingkat SLTA akan pentingnya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sedangkan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut  sebagai sarana sosialisasi kepada seluruh peserta akan pentingnya menjaga lingkungan hidup  agar tercipta lingkungan yang bersih, sehat dan lingkungan yang berkualitas serta mampu menjadi pioneer pahlawan lingkungan di tempat tinggal dan sekolah.

“Terkait kegiatan ini, kita berharap adanya dukungan dari orang tua, dan guru untuk menjadikan lingkungannya bersih dan sehat,” ujar Ismet.

Seraya menambahkan,  adapun aneka lomba yang digelar yaitu  berupa lomba mewarnai tingkat PAUD, lomba menggambar tingkat SD, lomba daur ulang sampah tingkat SMP/sederajat, serta lomba daur ulang sampah tingkat SMA atau sederajat. (lus/mlo)



Pos terkait