DLH Gelar Rakor “Gerakan Pilah Sampah dari Rumah”

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lambar menggelar rapat koordinasi (rakor) adipura, dengan tema “Gerakan Pilah Sampah dari Rumah” di Aula Pakuwon Bappeda, Selasa (10/12).

Kepala DLH Kabupaten Lambar Drs. Ismet Inoni, M.M., mengungkapkan, dewasa ini sampah merupakan konsekuensi dari kegiatan manusia karena setiap kegiatan manusia pasti menghasilkan sampah. “Saat ini paradigma bahwa sampah adalah buangan yang tidak berguna dan harus dibuang perlu dirubah dan diluruskan dengan cara diberikan pemahaman dan penyadaran tentang pengelolana sampah yang benar sehingga akan terbentuk karakter pola hidup bersih dan sehat,” ujar Ismet dalam sambutannya

Bacaan Lainnya



Menurut dia, penanganan sampah rumah tangga dengan sistem lama yang menekankan pada unsur penimbunan sampah kemudian dilakukan pembuangan atau pemusanahan dengan dibakar atau dibuang di sembarangan tempat seharusnya mulai dirubah. Demikian pula penanganan sampah dengan sistem kumpul, angkut, buang yang hanya memindahkan masalah di wilayah lain perlu segera dibenahi.

“Salah satu upaya dalam pengelolaan sampah adalah melalui gerakan pemilahan sampah dari rumah karena ini akan mempermudah pengelolana sampah menjadi bahan daur ulang. Sebab dengan cara ini kita dapat memanfaatkan sampah untuk mendorong perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Lanjut dia, pemilahan sampah akan memperoleh berbagai keuntungan sekaligus mempermudah proses daur ulang sampah di tahap selanjutnya dikarenakan banyak sampah yang dapat didaur ulang , contohnya sampah organik dapat dimanfatakan menjadi kompos dan sampah plastik/botol platik/ kardus  dapat dijual atau dibuang di bank sampah terdekat.

Sekadar diketahui, peserta rakor adipura terdiri dari OPD, sekolah , Kecamatan balikbukit, Lurah Pasar Liwa, Lurah waymengaku, peratin se-Kecamatan Balikbukit, pengelola bank sampah Kota Liwa, kelompok daur ulang Kota Liwa, Kelompok TPS 3R Kota Liwa, serta tokoh masyarakat Kota Liwa. Sedangkan narasumber yang dihadirkan yaitu Adian Sudiana dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI. (lus/mlo)



Pos terkait