DLH Kembali Turun dan akan Kirim Sampel Limbah ke Lemigas

Medialampung.co.id – Terkait limbah yang menyurupai oli di sekitar pesisir pantai, Kecamatan Panjang, Bandarlampung. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Lampung terjun kembali ke lokasi dan akan membawa Sampel Limbah tersebut ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas).

“Sampel yang kita ambil akan dikirim ke laboratorium yang berkompeten yakni di Lemigas, namun untuk waktunya akan diproses secepatnya,” kata Plt Kadis Lingkungan Hidup, Murni Rizal, Kamis (10/3).

Bacaan Lainnya


Lanjutnya, hari ini pihaknya mendatangi lokasi limbah oli untuk melakukan bersih-bersih sampah dengan melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan, DLH kota, KSOP Panjang, Pelindo, Pertamina Panjang dan aparat desa setempat. 

“Pembersihan ini merupakan upaya untuk pemulihan dan dibersihkan agar tidak berdampak lebih kepada masyarakat, dan nantinya sampah yang diangkut dibawa ke TPA,” kata dia. 

Ia belum dapat menyebutkan dugaan asal dari limbah oli pasalnya pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium dari sampel yang telah diambil.

“Belum tau kita dan belum berani menyebutkan. Yang jelas itu dari uji laboratorium yang bisa menjawab, tapi bentuknya seperti oli bekas berwarna hitam logam,” ungkapnya. 

Pihaknya akan mengusulkan ke Gubernur agar dibentuk Tim guna memonitoring adanya pencemaran laut.

“Nanti kita naikkan usulan ke Gubernur, untuk membentuk tim guna memonitoring dan antisipasi pencemaran laut melakukan koordinasi dengan pihak terkait. karena disini juga Pelindo mendukung kita untuk memonitor, agar pantai dan laut Lampung bebas dari sampah,” tegasnya.

Murni menambahkan jika nanti ada pelaku yang terbukti bersalah, akan ada tim penegak hukum yang berhak menindak.

“Kita ada tim gakkum dari Polda, dan kalau nanti sudah ada hasil dan barang bukti, baru kita dapat berkoordinasi dengan penegak hukum,” pungkasnya. (ded/mlo)


Pos terkait