DLH Kerahkan Petugas Kebersihan Mengangkut Sampah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT – Menindaklanjuti banyaknya tumpukan sampah yang dibuang masyarakat secara sembarangan di pinggir jalan lintas nasional dan jalan provinsi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lambar langsung melakukan aksi dengan menggerakkan seluruh personel dan armada kebersihan untuk mengangkut tumpukan sampah-sampah yang dibuang masyarakat secara sembarangan mulai dari Kecamatan Sumberjaya-Sukau, Rabu (19/6/2019)

Kabid Kebersihan Denti Rosita mendampingi Kepala DLH Drs. Ismet Inoni, M.M mengatakan, terkait banyaknya sampah yang menumpuk di sejumlah ruas jalan itu, petugas melakukan penyisiran di sepanjang jalan perlintasan mulai dari Kecamatan Sumberjaya hingga Kecamatan Sukau.

Bacaan Lainnya



 

“Petugas kita menemukan tumpukan sampah yang dibuang sembarangan di sejumlah ruas jalan, dan langsung diangkut untuk di buang ketempat pembuangan akhir (TPA) sampah,” ujar Denti.

Denti mengaku pihaknya sudah seringkali mengangkut sampah yang dibuang sembarangan di jalan nasional maupun jalan provinsi itu. Dan sampah tersebut sepertinya sengaja dibuang, itu mengingat di lokasi tersebut sudah banyak tumpukan sampah.

“Kita berharap kepada warga untuk tidak membuang sampah secara sembarangan karena itu akan merusak pemandangan dan lingkungan,” kata dia.

Pihaknya juga sudah seringkali mengingatkan camat dan peratin terkait sampah yang dibuang secara sembarangan itu. “Kalau kita (dinas) sudah pernah mengingatkan camat dan peratin soal sampah itu namun belum ada action. Pada dasarnya kami selalu siap apabila dari pihak pekon ingin mengajak untuk kerjasama dan minta bantuan terutama armada,” tegas Denti.

Seraya menambahkan, soal sampah ini, pihaknya menyarankan kepada camat dan peratin untuk membuat peraturan pekon sehingga bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi tegas. Hal itu untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku yang terbukti membuang sampah sembarangan.(lus/mlo)



Pos terkait