DLH Laksanakan Uji Publik I KLHS RPJMD

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), melaksanakan kegiatan uji publik I dokumen kajian lingkungan hidup strategis dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Pesbar, di Aula Sunset Beach, Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (22/10).

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Syamsu Hilal,S.Sos., Kadis Lingkungan Hidup, Husni Arifin, S. Ip., Akademisi Unila, Dedy Yuliawan., dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat.

Bacaan Lainnya


Dalam kesempatan itu, Syamsu Hilal, mengatakan sesuai dengan undang-undang no.32/2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pada pasal 15 disebutkan Pemerintah daerah wajib membuat KLHS dalam penyusunan dan Evaluasi RPJMD.

“Penyusunan KLHS RPJMD merupakan kewajiban untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam implementasinya dapat meningkatkan kualitas perencanaan untuk mendukung terwujudnya pembangunan daerah yang mensejahterakan masyarakat.

“Melalui kegiatan uji publik I ini, kita bisa merumuskan skenario pembangunan berkelanjutan, berupa alternatif proyeksi kondisi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan selanjutnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, alternatif hasil proyeksi KLHS perubahan RPJMD itu menjadi dasar dalam merumuskan sasaran dan strategi arah kebijakan yang akan diintegrasikan ke dalam dokumen perubahan RPJMD.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mempertajam masukan para tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan, akademisi, pimpinan perusahaan dan seluruh pihak,” terangnya.

Menurutnya, terintegrasinya KLHS dalam dokumen RPJMD itu sangat penting , hal itu agar segala dampak yang mungkin akan muncul dalam pelaksanaan pembangunan dapat diminimalisir.

“Melalui uji publik I ini, diharapkan semua masukan dan saran positif serta konstruktif, sehingga dapat kita sepakati komitmen bersama atas penyusunan perubahan RPJMD Kabupaten Pesbar,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait