DLH Pastikan Sungai di Pesbar Aman dari Pencemaran

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), rutin melaksanakan pemeriksaan kondisi air sungai di kabupaten setempat, hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa aliran sungai di Pesbar tidak tercemar dan masih layak dikonsumsi masyarakat.

Kabid Pengendalian Pencemaran, Haikal Fasya, S. Ip., mendampingi Kadis Lingkungan Hidup Pesbar, Husni Arifin, S. Ip., mengatakan secara keseluruhan kondisi air sungai di Pesbar masih aman dari pencemaran, terutama dari pencemaran limbah berbahaya dan beracun.

Bacaan Lainnya



“Hasil pemeriksaan kita selama ini, kondisi aliran sungai masih aman dan tidak ada yang tercemar, terutama aliran sungai yang selama ini masih sering dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan sehari-hari,” kata dia.

Dijelaskannya, sebagian besar masyarakat yang berada di daerah aliran sungai, sangat bergantung pada keberadaan sungai, seperti untuk kegiatan mandi dan mencuci, bahkan ada masyarakat yang memanfaatkan sungai untuk mencari ikan.

“Sebagian masyarakat yang tinggal disekitar aliran sungai di kabupaten ini masih sangat bergantung pada sungai itu,seperti masyarakat di aliran Waylaay, Waykrui, Waytenumbang dan sngai lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, jika aliran sungai tercemar, maka aktivitas masyarakat disunga akan terbatas, bahkan akan terhenti, selain itu ekosistem sungai juga akan terganggu terutama hewan air seperti bemacam-macam ikan.

“Kita akan rutin melakukan pemeriksaan kondisi air sungai di kabupaten ini, hal itu untuk memastikan bahwa aliran sungai tidak tercemar dan tetap bisa dimanfaatkan masyarakat,” terangnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga aliran sungai dari limbah berbahaya, salah satunya dengan tidak membuang sampah di sungai.

“Kita berharap masyarakat bisa ikut menjaga kebersihan sungai, salah satunya dengan tidak membuang sampah ke sungai, selain dapat menyebabkan bencana alam, sungai juga akan tercemar,” tandasnya. (ygi/mlo)



Pos terkait