Dosen-Mahasiswa Unila Praktikum Ekowisata di KRL

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak 73 mahasiswa dan empat dosen pendamping Universitas Lampung (Unila) Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan melaksanakan kegiatan praktikum ekowisata dan interprestasi ekowisata di Kebun Raya Liwa (KRL) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Sabtu-Minggu (12-13/10)

Kepala UPTD Kebun Raya Liwa Sukimin, S.I.P mendampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Tri Umaryani, S.P, M.Si mengungkapkan, mahasiswa dan dosen Unila tersebut melaksanakan praktikum selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu (12-13/10) di Kebun Raya Liwa. Tujuan kegiatan praktikum untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang Kebun Raya Liwa, meningkatkan kesadaran dan motivasi untuk konservasi flora endemik Lampung dan luar Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya



“Objek praktikum adalah tumbuhan koleksi dan juga taman tematik yang ada di Kebun Raya Liwa,” ujar Sukimin, kemarin.

Dengan dipilihnya Kebun Raya Liwa sebagai tujuan lokasi praktikum ekowisata dan interprestasi ekowisata. Pihaknya menyambut baik dengan adanya kegiatan praktikum ini. “Kegiatan praktikum ini mencerminkan fungsi kebun raya sebagai pusat penelitian sudah berjalan dengan baik. Beberapa universitas yang sebelumnya melaksanakan kegiatan penelitian di luar Lampung, saat ini sudah beralih ke Kebun Raya Liwa,” kata dia.

Masih kata dia, selain praktikum yang dilaksanakan oleh 77 mahasiswa dan dosen fakultas pertanian Unila, empat mahasiswa Fakultas MIPA juga melaksanakan kegiatan penelitian di KRL selama 10 hari kedepan terhitung sejak Sabtu (12/10). Penelitian yang dilaksanakan oleh 4 mahasiswa fakultas MIPA dalam rangka menyusun tugas akhir (skripsi).

“Kedepannya, kita berharap semakin banyak lagi universitas baik negeri maupun swasta yang melaksanakan penelitian dan praktek di Kebun Raya Liwa ini, dan kita siap untuk menyambutnya,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait