DP2KBP2PA Siap Gunakan Aplikasi SIGA

  • Whatsapp
Kepala DP2KBP2PA Lambar Muhammad Henry Faisal, SH, MH

Medialampung.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kabupaten Lampung Barat dan seluruh Balai Penyuluh KB di kabupaten setempat siap untuk menggunakan aplikasi sistem informasi keluarga (SIGA) pada tahun 2021 ini.

Kepala DP2KBP2PA Lambar Muhammad Henry Faisal, SH, MH., mengungkapkan,  sesuai arah kebijakan pemerintah salah satunya difokuskan kepada peningkatan ketersediaan dan kualitas data serta informasi kependudukan yang memadai, baik tentang pelayanan KB, pengendalian lapangan dan pemutakhiran data keluarga Indonesia. 

Dengan SIGA pelaporan yang dilakukan bisa lebih berkualitas dan transparan serta akuntabel.  Di dalam SIGA tercakup data kelahiran, kematian, kesertaan ber-KB, penggunaan alat kontrasepsi, dan data keluarga lainnya. 

“Sistem aplikasi SIGA dikembangkan sebagai aplikasi yang dapat mengintegrasikan aplikasi statistik rutin (pelayanan kontrasepsi, pengendalian lapangan) dan aplikasi pendataan keluarga. Penerapan aplikasi ini sebagai upaya meningkatkan ketersediaan data dan informasi keluarga yang berkualitas,” ungkap Henry, Jumat (5/2). 

Dikatakannya, selama ini di Lambar untuk entri dan pengolahan data masih menggunakan Wali data yang terfokus di kantor DP2KBP2PA saja, dan tahun 2021 kni masing-masing penyuluh bisa memiliki data sehingga ini akan sangat mempermudah dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). 

“Yang jelas, dengan adanya SIGA, tersedia data akurat lengkap dengan nama dan alamat (by name, by address). Dengan data dan informasi yang lengkap dalam Siga, kami dari DP2KBP2PA maupun pihak-pihak yang memanfaatkan data SIGA akan dimudahkan dalam melakukan pembinaan maupun intervensi,” bebernya. (nop/mlo)


Pos terkait