DP2KBP3A Kabupaten Kepahiang Kunker ke Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kantor DP2KBP3A Kabupaten Lambar, Senin (2/11).

Kedatangan rombongan Kepala DP2KBP3A Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu Feriyandi, S.Sos, M.M, itu diterima langsung Plt. Kepala DP2KBP3A M Henry Faisal, S.H, M.H beserta jajarannya.

Bacaan Lainnya


Plt. Kepala DP2KBP3A Kabupaten Lambar M. Henry Faisal, S.H, M.H mengungkapkan, kedatangan Kepala DP2KBP3A Kabupaten Kepahiang ke DP2KBP3A Kabupaten Lambar dalam rangka studi banding tentang jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dan penyelesaiannya, dikarenakan jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Kepahiang, termasuk yang tertinggi di Provinsi Bengkulu. Sehingga berbanding terbalik dengan jumlah kasus di Kabupaten Lampung Barat.

“Untuk tahun 2020 baru terjadi 3 kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Lambar, sedangkan untuk kasus kekerasan terhadap perempuan sampai saat ini di Kabupaten Lambar masih nihil,” ungkap Henry.

Ia menjelaskan, dalam penyelesaian kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, di Kabupaten Lambar selain memaksimalkan kinerja dan fungsi PPTPPA (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak), DP2KBP3A Kabupaten Lambar melakukan inovasi yang disebut dengan BANGGA BERKAWAN (Pembangunan Keluarga dengan Memberdayakan Kader dan Relawan). 

Kemudian, keikutsertaan kader dan relawan seperti Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga), GSI (Gerakan Sayang Ibu), Forum Anak dan PPPKSS (Pemberdayaan Peranan Perempuan dalam menuju Keluarga Sehat Sejahtera) dalam memberi edukasi dan mensosialisasikan program tentang pemberdayaan perempuan dan anak sampai tingkat pemangku, terbukti efektif menekan tingkat terjadinya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan apabila terjadi suatu kasus maka cepat terinformasikan kepada DP2KBP3A maupun PPTPPA.

Disamping itu, lanjut Hendry, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum untuk mendampingi apabila terjadi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kita cukup berbangga, karena banyaknya kunjungan kerja ke DP2KBP3A Kabupaten Lambar, ini berarti banyak yang mengapresiasi kinerja dinas kita, dan semoga kedepannya kinerja kami akan lebih baik lagi,” harapnya. (lus/mlo)




Pos terkait