DPK Berikan Pembinaan Perpustakaan Sekolah dan Pekon

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  –  Dinas Perpustakaan dan Kearisipan (DPK) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) gencar melakukan pembinaan terhadap perpustakaan sekolah dan pekon yang ada di kabupaten ini.

“Tahun ini kita ada kegiatan pembinaan terhadap 20 perpustakaan sekolah dan pekon. Sejauh ini sudah ada 11 sekolah dan pekon yang telah kita berikan pembinaan, begitu juga untuk sekolah dan pekon yang sudah pernah kita bina di tahun-tahun sebelumnya juga tetap kita lakukan pembinaan,”   ungkap  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs. Saripan Halim, kemarin.

Bacaan Lainnya



Dijelaskannya, tujuan pembinaan perpustakaan ini yakni untuk mengetahui kondisi riil perpustakaan pekon dan sekolah apakah telah sesuai standar yaitu minimal ada buku DDC (buku klasifikasi), buku pengunjung, judul, peta. Lalu, memberikan pengetahuan kepada kepala perpustakaan, pengelola, dan pustakawan pekon dan sekolah sehingga perpustakaan tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

“Selama melakukan pembinaan, kita memberikan materi tentang bagaimana cara mengelola buku perpustakaan, pelayanan-pelayanan di perpustakaan, dan administrasi perpustakaan di pekon dan sekolah,” ujar dia.

Masih kata dia, sejumlah perpustakaan pekon dan sekolah yang telah dilakukan pembinaan oleh pihaknya, yaitu  SDN 1 Lumbok Seminung, SDN Gunung Ratu Bandarnegeri Suoh, SDN 3 SDN Tambak Jaya Kecamatan Waytenong, MI Riyadhul Jannah, SDN Suka Mulya Kecamatan Pagar Dewa, SDN 1 Luas Kecamatan Batu Ketulis,  SDN 2 Padang Cahya Kecamatan Balikbukit serta SDN 1 Purajaya dan SDN 2 Purajaya Kecamatan Kebuntebu. Sedangkan untuk perpustakaan pekon yakni Pekon Bumi Hantatai Kecamatan Bandarnegeri Suoh, dan Pekon Tambakjaya Kecamatan Waytenong.

“Dengan adanya pembinaan kepada perpustakaan ini, diharapkan perpustakaan tersebut lebih berkembang, dan jumlah masyarakat yang berkunjung juga lebih meningkat,” harapnya. (lusi/mlo)



Pos terkait