DPMK Waykanan Kembali Lakukan Pembinaan Penyusunan Profil Kampung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Waykanan, terus memprogres pembinaan dan updating data penyusunan profil Kampung, Kalau beberapa hari yang lalu pada Selasa (23/11), mereka melakukan pembinaan di Aula Kecamatan Umpu Semenguk yang diikuti 3 kecamatan sekaligus yakni Kecamatan Umpu Semenguk, Blambangan Umpu, dan Negeri Agung, hari ini DPMK kembali melakukan pembinaan yang berlangsung di Aula Kecamatan Baradatu.

Kabid penataan administrasi pemerintahan dan pengembangan kapasitas aparatur kampung Dedi Iskandar, S.H mewakili Kadis PMK, Ixuan Ahmadi.Sos mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar seluruh kampung se-Kabupaten Waykanan memahami akan pentingnya meng-update data Profil Kampung.

Bacaan Lainnya

“Harapannya seluruh 221 Kampung se-Kabupaten Waykanan meng-Update data profil kampungnya masing-masing, apalagi sudah diberikan pembinaan seperti ini, karena hal ini sangat penting dan besar sekali manfaatnya,” kata Dedi Iskandar, S.H saat dikonfirmasi melalui Via WhatsApp, Kamis (25/11)

Secara gamblang, Dedi menjelaskan, bahwa Profil Kampung tersebut digunakan untuk mengetahui karakteristik potensi sumber daya alam, manusia maupun dukungan kelembagaan dan perkembangan sarana prasarana yang telah diatur permendagri No.12/2007 Tentang Pedoman Penyusunan Dan Pendayagunaan Data Profil Desa Dan Kelurahan.

“Data profil kampung dapat digunakan untuk mengukur kecepatan perkembangan desa dan kelurahan. Mengukur status kemajuan dan kategorial tingkat perkembangan desa dan kelurahan swadaya ke swakarya menuju swasembada dan dapat menjadi pedoman dalam penentuan arah pengembangan sesuai dengan tipologi potensi dan perkembangan masyarakat. Termasuk menjadi input strategis dalam musyawarah perencanaan pembangunan partisipatif,” paparnya. 

Kepala Kampung Bumi Rejo Suwardi, menyambut baik pembinaan yang dilakukan oleh DPMK Waykanan,dengan demikian Kampung Kampung yang ada di Waykanan khususnya di Kecamatan Baradatu akan dapat menjalankan pemerintahan Kampung semakin baik, selain itu propil Kampung dapat segera di Update dan diketahui oleh khalayak dengan cepat benar dan transparan.

“Pembinaan seperti yang kami harapkan, kami semakin paham tentang tata cara updating data penyusunan profil Kampung, karena terus terang selama ini kami sedikit mengalami kesulitan, namun dengan adanya pembinaan ini, kedepan saya yakin kami tidak lagi ada kendala dalam mengupdate profil Kampung kami,” ujar Suwardi.(sah/mlo)

Pos terkait