DPMP Imbau Pekon Segera Serap DD Tahap Tiga

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), minta seluruh pekon di kabupaten setempat segera menyampaikan usulan pencarian dana desa (DD) tahap tiga ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pesbar.

Kabid Kelembagaan dan pemerintahan Pekon (DPMP) Syarif Husin, S.H., mengatakan meski anggaran DD tahap tiga tahun 2019 telah masuk ke Kas Daerah sejak dua pekan yang lalu, tapi hingga kini masih banyak pekon belum menyampaikan usulan.
Meski anggaran DD tahap tiga sudah disalurkan dari pemerintah pusat ke Kas Daerah, tapi masih banyak pekon yang belum melakukan serapan, kata dia.
Dijelaskannya,anggaran DD tahap tiga jumlahnya sama dengan tahap dua lalu, dan anggaran DD tahap tiga merupakan tambahan anggaran untuk melanjutkan pembangunan oleh pekon.
Bahkan ada kegiatan pekon yang belum dilaksanakan karena menunggu anggaran DD tahap tiga disalurkan, karena itu kita imbau agar pekon segera melakukan serapan dengan menyampaikan usulan pencairan, jelasnya.
Pihaknya menduga, masih banyaknya pekon yang belum melakukan serapan DD tahap tiga karena usulan yang disampaikan harus bersamaan dengan laporan yang diunggah melalui aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes).
Kita siap memberikan pendampingan jika masih ada pekon yang belum bisa memanfaatkan aplikasi Siskeudes itu, sehingga pekon bisa menyampaikan usulan dan menyerapan anggaran DD tahap tiga, terangnya.
Menurutnya, anggaran DD tahap tiga hanya dapat diserap pada tahun berjalan, sedangkan jika pekon sampai terlambat melakukan serapan, hingga akhir tahun, maka pekon tidak dapat menerima DD tahap tiga tahun 2019.
DD harus diserap tahun ini begitu juga dengan kegiatannya, karena itu dengan sisa tahun 2019 yang hanya beberapa pekan lagi, kita berharap semua pekon bisa melakukan serapan sesegera mungkin, pungkasnya. (yogi/d1n/mlo)



Pos terkait