DPMP Pesbar Minta Pekon Segera Ajukan DD Tahap II

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) minta seluruh Pekon se-Kabupaten setempat segera menyampaikan pengajuan untuk penyaluran anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021 tahap II, terutama Pekon yang sudah menyampaikan laporan, termasuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Plt. Kepala DPMP Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., mengatakan hingga kini belum ada Pekon yang mengajukan untuk pencairan anggaran DD tahap II, karena itu Pemkab Pesbar melalui DPMP masih menunggu dari Pekon untuk menyampaikan pengajuan DD tahap II itu. Sehingga harus menjadi perhatian bersama bagi seluruh Pekon di kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya

“Kami masih menunggu usulan dari 116 Pekon di Pesbar, dan diharapkan dalam waktu dekat ini sudah ada Pekon yang mengajukan pencairan DD tahap II itu,” katanya, Selasa (3/8).

Dijelaskannya, untuk usulan pengajuan anggaran DD tahap II tersebut sebesar 40 persen dari total pagu anggaran DD tahun 2021 yang ada di masing-masing Pekon, termasuk untuk anggaran BLT-DD periode bulan Juni sampai dengan Oktober 2021 mendatang khusus untuk Pekon dengan status bukan Desa (Pekon) mandiri.

“Selain itu, anggaran BLT-DD periode Agustus sampai dengan Desember 2021 khusus untuk Pekon yang sudah berstatus Desa mandiri di Kabupaten Pesbar ini,” jelasnya.

Sedangkan, masih kata Edwin, untuk sistem pengajuan usulan pencairan DD tahap II tersebut masih sama dengan tahap sebelumnya, yakni permohonan dari Peratin, kemudian rekomendasi dari Camat masing-masing yang ada di wilayahnya, serta rekomendasi dari DPMP hingga surat pengantar dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat. Karena itu, pihaknya berharap agar setiap Pekon yang sudah merealisasikan DD termasuk BLT-DD untuk segera menyampaikan laporannya, sehingga anggaran DD tahap II bisa segera disalurkan.

“Kita juga mengimbau agar Peratin selalu menjalin komunikasi dan koordinasi dengan DPMP Pesbar dalam upaya percepatan penyaluran DD dan dalam upaya penyelesaian kendala baik administratif maupun kendala lainnya yang dihadapi oleh Pekon,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait