DPMP Sosialisasi dan Monev APB-Pekon di Kecamatan Kebuntebu 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Giliran Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) membawahi yang Sepuluh pekon, dikunjungi tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) agenda sosialisasi Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APB-Pek) 2021 dan Monitor Evaluasi (Monev) APB-Pekon 2020.

Kadis PMP Lambar Ronggur L Tobing, S.Ip, M.Is., menyampaikan dua kegiatan tersebut, memberikan pemahaman kepada aparat pekon dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa 2020 banyak program pekon yang terpangkas oleh penanganan covid-19.

Bacaan Lainnya



“Jadi tidak muncul asumsi kok tahun ini pekon minim pembangunan fisik,” ungkapnya. 

Selain itu, pembinaan Badan Usaha Milik Pekon (Bum-Pekon). DPMP melakukan pengecekan kondisi Bum-pekon masing-masing, dan jika ada yang mengalami masalah atau disebutkan oleh Ronggur Bum-Pekon sakit, secara bersama-sama akan dibedah, untuk mencari apa penyebab. Dan seperti apa solusi untuk penataannya. 

“Kalau kita temukan adan BUM-pekon yang sakit maka kita akan carikan formulanya sehingga kembali sehat,” katanya. 

Sementara prioritas APB-Pekon 2021, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kementerian Desa (Kemendes) PDTT, tentang bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Dan untuk kabupaten Lambar ada banyak jalan yang dapat dilaksanakan seperti melalui pembangkitan wisata, yang diiringi penerapan digital. Pekon mampu mempromosikan tentang program yang digerakkan masing-masing. 

“Termasuk tentang ketahanan pangan, dimana program Pemkab Lambar tentang Pangan Mandiri, ternyata direspon dengan baik oleh pemerintah pusat, dan menjadi program wajib pekon. Dengan target pasca covid-19 pekon tidak boleh lapar dan sakit dan terciptanya masyarakat pekon yang sehat,” ujarnya.   

Sementara ditambahkan Camat Kebuntebu Indrayani, M.Pd., melalui kegiatan tersebut agar para aparatur pekon mampu bekerja maksimal dalam meningkat dan terjadinya perkembangan yang inovatif 2021. Karena semua yang dilaksanakan pekon tidak terlepas dari marwah 7 program bupati Lambar.

“Keselarasan Pitu Program Pemkab Lambar tercermin dan teraktualisasi di APBPekon 2017, yakni Tujuh Program Pekon,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait