DPMP Sosialisasikan Penyusunan APBP 2020 di Gedungsurian dan Airhitam

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bersama Bappeda dan bagian Hukum Pemkab Lambar, menggelar sosialisasi penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APB-Pekon) Tahun Anggaran 2020, di Kecamatan Airhitam, bertempat di balai Pekon Sumberalam.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara bergiliran di 15 Kecamatan yang tersebar di Bumi Skala Bekhak tersebut, dipimpin Kadis PMP Yudha Setiawan, S.Ip., sementara peserta sosialisasi adalah para peratin, jutu tulis (Jurtul), bedahara pekon, operator, Ketua Lembaga Hippun Pemekonan (LHP), dan Ketua Badan Usama Milik Desa (Bumdes). Hadir juga perwakilan dari Bapeda, Bagian Hukum dan Camat Airhitam Domi Nopalisa Utama Paizul, S.S.Tp., M.Si.,

Bacaan Lainnya



Disampaikan Yudha, di antara poin sosialisasi tersebut, terkait sinkornisasi program pekon, dengan kabupaten, provinsi hingga nasional. Seperti tentang tiga program unggulan pemkan Lambar  tentang Kabupaten Konservasi, Literasi dan Tangguh Bencana.

Selain dari pada itu untuk memastikan Dana Desa (DD) harus memepunyai perubahan yang luar biasa di bidang ekonomi pekon. Mengingat dengan perjalanan DD saat ini sudah saatnya beranjak dari kegiatan infrastruktur ke pembedayaan masyarakat sasaran untuk menumbuh kembangkan pusat-pusat ekonomi kemasyarakatan.

Yudha menargetkan, tahun ini masing-masing camat bisa mendorong minimal satu pekon untuk membangun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang mengelola wisata dan ekonomi. “Seperti halnya di Kecamatan Airhitam, kalau bicara soal tempat wisata Kampoeng Kopi masyarakat tidak asing lagi. Tapi ketika bicara masalah air terjun (curup) Mbah Gimo akan sangat luar biasa karana di insiasi camat dan dikelolo Bumdes,” terangnya.

Begitu juga terkait peningkatan peningkatan wawasan masyarakat, harus diadakan penedekatan swadaya masyarakat seperti kepada kelompok masyarakat yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat dimasing-masing pekon.

Sementara Camat Airhitam Domi Nofalisa Utama Paizul, S.S.Tp., M.Si.,I., mengatakan, pembangunan di pekon tetap akan diselaraskan dengan program kabupaten, provinsi dan pusat, dimana skala prioritas yang sudah ditentukan harus didukung sebagaimana mestinya seperti tiga program kabupaten yakni tentang Konservasi, Literasi dan Tangguh Bencana. “Di luar itu pembangunan yang dilaksanakan tetap merujuk pada kesejahteraan masyarakat, karena intinya semua ke arah situ,” tegasnya.

Sementara Ketua Apdesi Kecamatan Airhitam yang juga Peratin Sumberlama M.Husain, tentunya dalam pengelolaan ADD pemerintah bukan hanya menyalurkan bantuan sebagaimana kebutuhan pekon masing-masing, melainkan juga dengan segala bentuk pendampingan, pengawasan dari awal sampai akhir. Dan menjadi harapan pekon bahwa bimbingan, arahan dan pengawasan juga menjadi prioritas demi suksesnya program-program yang dilaksanakan oleh pekon. (ius/mlo)



Pos terkait