DPMPTSP Pesbar Bahas Penyusunan Peta Potensi Investasi

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar rapat penyusunan peta potensi investasi di pusatkan di kantor DPMPTSP setempat, Rabu (8/9).

Hadir dalam kesempatan itu, kepala DPMPTSP Pesbar Drs.Jon Edwar, M.Pd., Narasumber dari Universitas Lampung, Dr.Usep Syaipudin, S.E, M.S.Ak., serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemkab setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala DPMPTSP Pesbar, Jon Edwar, mengatakan pembangunan ekonomi daerah merupakan suatu proses dimana pemerintah daerah dan masyarakatnya mengelola setiap sumber daya yang ada, dan membentuk suatu pola kemitraan antara Pemerintah Daerah dengan sektor swasta untuk menciptakan lapangan kerja baru dan merangsang perkembangan kegiatan ekonomi.

“Kabupaten Pesbar sendiri memiliki cukup banyak potensi sumber daya untuk dikembangkan sebagai sektor unggulan, mulai dari sektor pertanian, perkebunan, hingga pariwisata,” katanya.

Sehingga, kata dia, potensi unggulan daerah Kabupaten Pesbar harus dapat teridentifikasi dan terpetakan dengan baik untuk selanjutnya dikembangkan sebagai sumber daya utama pembangunan ekonomi daerah. Karena itu penyusunan peta potensi investasi Kabupaten Pesbar ini bertujuan untuk menyusun peta geospasial potensi unggulan daerah, kemudian untuk menyediakan acuan bagi perencanaan kebijakan baik ditingkat pusat, daerah, maupun desa dalam pengembangan potensi unggulan daerah.

“Selain itu, untuk menyediakan acuan bagi sektor usaha dalam mendukung pengembangan ekonomi daerah. Mudah-mudahan dalam penyusunan peta potensi investasi Kabupaten Pesbar ini tidak ada kendala,” urainya.

Dijelaskannya, dalam penyusunan peta potensi investasi Kabupaten Pesbar  harus didukung oleh semua pihak dan seluruh OPD terkait. Karena, penyusunan peta potensi investasi itu sasarannya yakni tersusunnya peta geospasial potensi unggulan daerah yang terinci menurut Kecamatan, Pekon serta jenis komoditas unggulannya.

“Dari 116 Pekon dan Dua Kelurahan yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesbar dalam penyusunan peta potensi investasi itu nanti akan diketahui secara rinci titik-titik potensi investasi sesuai dengan potensi yang dimiliki di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam penyusunan peta potensi investasi ini merupakan salah satu terobosan Pemerintah Daerah dalam upaya untuk lebih memudahkan pelayanan terhadap masyarakat. Hal itu juga seiring berkembangnya media informasi, maka Pemerintah Daerah harus mampu merespon dan menghadirkan terobosan baru untuk memudahkan pelayanan masyarakat. Karena itu penyusunan peta potensi investasi tersebut nantinya akan diintegrasikan dengan Portal Pemerintah Daerah Kabupaten Pesbar.

“Dengan penyusunan peta potensi investasi ini diharapkan mampu mempermudah akses calon investor untuk mendapatkan informasi lokasi investasi di Kabupaten Pesbar sesuai ketentuan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang berlaku,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait