DPPKB Imbau Warga Pesbar Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih mematangkan persiapan untuk mensukseskan program Nasional yakni Pendataan Keluarga tahun 2021 di seluruh kecamatan di Pesbar.

Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan, Virnalizi Afrianty Noor, S.Farm, Apt, M.Kes., mendampingi Kepala Dinas PPKB Pesbar, Nurdiah, S.Pd., mengatakan sebagai persiapan untuk Pendataan Keluarga yang akan dilaksanakan secara serentak mulai 1 April hingga 31 Mei 2021 mendatang, Dinas PPKB setempat masih melakukan sosialisasi kepada supervisor, kader dan petugas yang akan melakukan pendataan ke lapangan.

Bacaan Lainnya

“Karena itu Pemkab Pesbar sangat berharap masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan pendataan keluarga nanti,” katanya, Selasa (16/3).

Dijelaskannya, hasil Pendataan Keluarga yang merupakan awal perencanaan keluarga itu akan digunakan salah satunya untuk mendukung program Lampung Berjaya sesuai harapan dari Gubernur Lampung. Untuk itu dalam pendataan agar masyarakat dapat menyambut petugas dan memberikan data yang benar. Jangan sampai memberikan data yang tidak valid, mengingat pendataan itu berkaitan dengan perencanaan keluarga di Kabupaten Pesbar.

“Kita telah menyiapkan 263 kader pendata di luar supervisor yang nantinya akan bertugas dengan mengunjungi rumah-rumah warga di 118 Pekon/Kelurahan di 11 Kecamatan se-Pesbar,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Virna, untuk di Kabupaten Pesbar Kepala Keluarga (KK) yang akan didata mencapai 43.505 KK. Pendataan keluarga 2021 yang akan dilaksanakan itu juga bertujuan untuk memotret kondisi keluarga saat ini demi membangun keluarga yang berkualitas. Petugas akan mengumpulkan data terkait dengan kependudukan, data keluarga berencana dan data tentang pembangunan keluarga.

“Pendatan keluarga ini sudah direncanakan oleh pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 2020 lalu, tapi baru bisa dilaksanakan di tahun ini. Kita berharap dalam pendataan di Pesbar tidak ada kendala,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait