DPRD Dorong Pemkab Pringsewu Renovasi Pasar Induk

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sejumlah Anggota DPRD Pringsewu mendukung perlunya penataan wajah kota dan pertokoan di Kabupaten Pringsewu. Hal ini agar Pringsewu benar-benar terlihat kemajuan serta memberikan kenyamanan pada masyarakatnya.

“Tak hanya mempercantik justru mendesak Pemkab Pringsewu segera merenovasi sekaligus menata kembali pasar induk. Yakni sebagai pusat jasa perdagangan,” ungkap Anggota DPRD Pringsewu Ir. Joni Sapuan.

Bacaan Lainnya

Senada diungkapkan Wakil rakyat lainnya Asita Nurgaya. Menurutnya pasar tradisional merupakan salah satu urat nadi perekonomian.

“Dengan kelengkapan sarana dan prasarana tentunya salah satu dukungan untuk menggerakkan ekonomi rakyat,” ungkapnya.

Sementara itu anggota DPRD Pringsewu Triaksono, SP., mendukung penataan di kecamatan Gadingrejo yang merupakan salah satu kecamatan Sentra Ekonomi di Kabupaten Pringsewu.

“Banyak usaha kecil menengah bergeliat dan aktif,” ungkapnya.

Industri rumah tangga juga berperan positif dalam peningkatan ekonomi daerah. Produk makanan seperti Klanting, Keripik Pisang, Tempe, Tahu, dan juga berbagai macam Kerajinan Bambu sudah terkenal di Lampung, luar Lampung, bahkan Luar Negeri.

Untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, lanjutnya dibutuhkan dukungan penuh dari Pemda sehingga pangsa pasar dapat lebih luas lagi. Peran Pemda tentunya berkaitan dengan sarana dan prasarana sebagai bentuk dukungan yang dimaksud.

Bantuan permodalan, peralatan, permesinan, dan pelatihan pelatihan sangatlah dibutuhkan oleh para pelaku produksi. Selain itu, dibutuhkan juga fasilitas peluang pasar yang luas agar produksi dan permintaan dapat berimbang.

Tempat transaksi produk juga butuh perhatian khusus, terutama tentang keamanan, kenyamanan, dan kebersihannya, sehingga proses jual beli dapat berlangsung dengan baik. Apalagi di masa pandemi ini, kebersihan menjadi penting berkaitan dengan kesehatan. Pasar Sehat adalah keniscayaan di Gadingrejo.

“Tumbuhkan Gadingrejo menjadi Sentra Ekonomi Sehat, yang pada akhirnya akan berkontribusi kepada peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Pringsewu,” ungkap politisi PKS itu.(sag/mlo)


Pos terkait