DPRD Pesbar Minta Pemkab Bertindak Cepat Hadapi Covid-19

  • Whatsapp
Wakil Ketua Komisi I DPRD Pesbar Ripzon Efendi

Medialampung.co.id – Komisi I DPRD Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) meminta agar Pemkab setempat bertindak cepat dalam penanganan pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Wakil ketua Komisi I DPRD Pesbar, Ripzon Efendi, S.Sos., mengatakan bahwa meski saat ini Pemkab melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sudah melakukan berbagai upaya, namun diharapkan agar dapat lebih dimaksimalkan kembali.

Bacaan Lainnya



“Kami melihat peralatan medis seperti Alat Pelindung Diri (APD), alat pendeteksi suhu badan dan lainnya yang ada di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas masih tergolong minim,” katanya.

Menurutnya, seperti alat pendeteksi suhu badan jelas sangat penting terutama untuk mengecek masyarakat saat berada di beberapa tempat fasilitas umum seperti angkutan transportasi, namun bukan hanya di bandara yang ada di Pesbar ini saja melainkan di terminal Bus hingga loket angkutan transportasi darat lainnya, serta di SPBU dan di beberapa tempat umum lainnya yang memang kerap banyak kerumunan masyarakat.

“Selain itu, kami juga meminta untuk memaksimalkan penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas umum tersebut, termasuk tempat ibadah,” ujar Aje — sapaan Ripzon Efendi.

Masih kata dia, Komisi I DPRD Pesbar juga meminta agar OPD terkait dapat memaksimalkan tersedianya hand sanitizer dan masker di lokasi perkantoran maupun tempat umum yang dianggap penting.

Jika memang terbentur dengan anggaran, tentu bisa dibahas bersama kembali. Terlebih pemerintah pusat juga sudah menetapkan wabah Covid-19 sebagai bencana nasional (bencana non-alam).

Artinya, bisa saja anggaran yang ada seperti anggaran dari pemerintah pusat sebagian bisa disisihkan untuk dialihkan atau menggunakan anggaran mendahului perubahan APBD Pesbar 2020, karena itu sifatnya mendesak.

“Karena itu Komisi I DPRD Pesbar meminta Pemkab untuk segera mengambil langkah penyesuaian anggaran dan segera diajukan ke DPRD untuk dibahas dalam upaya pencegahan Covid-19 tersebut,” tandasnya.(yan/mlo)



Pos terkait