DPRD Tanggamus Tinjau Jembatan Amblas

  • Whatsapp
Komisi III DPRD Tanggamus meninjau jembatan amblas di Pekon Negeri Agung, Kecamatan Talangpadang, Senin (27/4). Foto rnn/mlo

Medialampung.co.id – Komisi III DPRD Tanggamus meninjau jembatan yang amblas di Pekon Negeri Agung Kecamatan Talangpadang, Senin (27/4). Para anggota DPRD  tersebut dipimpin Ketua Komisi III Iskandar Juned bersama Anggota Komisi III seperti Hilman, Mujibul Umam, Edi Yalismi dan Hendrawan Adam. Turut mendampingi Sekcam Talangpadang Kuroisin dan Pj Kakon Yuzar Jaya Negara. 

Ketua Komisi III DPRD Tanggamus, Iskandar Juned mengatakan ,  tinjauan ini dilakukan usai mendapat laporan dari masyarakat dimana jembatan yang baru direhab enam bulan lalu tersebut patah pada sisi ujungnya. 

Bacaan Lainnya



“Kejadiannya Sabtu malam sekitar pukul 21.00 WIB, jembatan ini baru saja direhab belum ada satu tahun, “ujar Iskandar Juned. 

Menurut Iskandar,  amblasnya jembatan dengan panjang 10 meter  dan lebar tiga meter tersebut bukan karena faktor alam,  namun diduga karena buruknya kualitas konstruksi.” Nggak ada hujan deras dan tidak dilalui mobil dengan bobot berat, tapi mengapa amblas, ini nggak bener kualitasnya, jadi rekanan harus bertanggung jawab, pemerintah sudah benar mau ngebangun tapi rekanannya yang nggak bener, “tegasnya. 

Atas peristiwa ini, lanjut Iskandar pihaknya akan segera memanggil dinas pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).” Akan kami panggil Dinas PUPR agar persoalan ini cepat selesai, ini rekanan harus tanggung jawab, kalau nggak mau, retensinya jangan diberikan, “kata Politisi PDIP itu. 

Ditambahkan Edi Yalismi bahwa, konstruksi bangunan jembatan tidak kuat, besi penyangga pun hanya seadanya.” Jembatan tidak solid, ada rongga di bawah jembatan itu yang buat sisi jembatan patah sehingga amblas. Kalau ini jelas karena kualitas buruk bukan karena alam, “ujar Politisi PKB itu. 

Sementara, Hamdani warga setempat mengatakan bahwa amblasnya jembatan terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Saat itu dirinya baru pulang dari masjid usai melaksanakan shalat tarawih.” Saya habis pulang dari masjid, tidak ada hujan saat itu tapi tiba-tiba jembatan amblas, suara gemuruh terdengar sampai rumah, “kata dia. 

Dilanjutkan Hamdani bahwa dengan amblasnya jembatan, warga yang menggunakan sepeda motor terpaksa muter.” Ya, harus muter agak jauh. Kami berharap agar jembatan ini dapat segera diperbaiki sehingga aktivitas warga kembali lancar, “harapnya. (rnn/ehl/mlo)



Pos terkait