DTPH Lambar Usulkan 15 Ton Benih Kedelai ke Provinsi

  • Whatsapp
Kabid Tanaman Pangan DTPH Lambar Onni Violetta

Medialampung.co.id – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikuktura (DTPH) Kabupaten Lampung Barat tahun anggaran 2021 ini mengusulkan bantuan benih kedelai kepada DTPH Provinsi Lampung dengan total luas lahan sasaran program tersebut mencapai 300 hektar. 

Kabid Tanaman Pangan DTPH Lambar Onni Violetta mengungkapkan, total luas lahan 300 hektar yang menjadi target itu berada di Kecamatan Batubrak milik sejumlah kelompok tani (Poktan). 

Bacaan Lainnya

“Total bantuan benih yang kami usulkan itu 15 ton atau per hektar sebanyak 50 kilogram, untuk calon penerimanya itu petani  yang tergabung dalam kelompok,” ungkap Onni, Jumat (5/2). 

Dikatakannya, tanaman kedelai merupakan tanaman yang cocok ditanam oleh petani di Lambar, produksinya cukup baik dan menjadi salah satu sumber pendapatan tambahan bagi petani. Selain itu tidak perlu lahan baru untuk menanam kedelai, karena sasaran dari program ini adalah petani kopi, sehingga bisa melakukan penanaman dengan cara tumpang sari. 

“Jadi petani menanam kedelai di sela-sela kebun kopi, uji coba selama ini hasilnya lumayan, bahkan petani berterimakasih karena itu menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan bagi petani,” kata Onni. 

Disinggung kenapa hanya petani di Kecamatan Batubrak saja yang menjadi sasaran, menurutnya itu karena hanya petani dari kecamatan tersebut saja yang berminat dan siap dibuktikan dengan diterimanya usulan yang masuk. 

“Jika petani di wilayah lain yang ingin dijadikan sasaran program tersebut tentunya silahkan saja sampaikan proposal ke kami, dan tentunya kami akan upayakan sama seperti Kecamatan Batubrak,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait