Dua Formasi Penerimaan ASN di Waykanan Nihil Peminat

  • Whatsapp
Kabid Pengadaan/Pemberhentian/Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai BKDSDM Waykanan Eko Yulianto, SE, MM.

Medialampung.co.id – Aneh, mungkin itu yang menjadi pemikiran masyarakat Waykanan saat mendengar adanya formasi penerimaan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021 yang tidak memiliki peminat, mengingat saat ini pekerjaan merupakan kebutuhan pokok manusia, dan ASN telah menjadi impian dan primadona para pencari kerja dari Sabang sampai Merauke seiring dengan semakin baiknya kesejahteraan ASN di Indonesia.

Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Kabid Pengadaan/Pemberhentian/Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKDSDM) Waykanan Eko Yulianto, SE, MM., mengatakan, formasi penerimaan ASN telah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Bacaan Lainnya

“Kalau kita tentunya inginnya formasi yang diberikan kepada kita semua terisi dan bahkan semua yang kita ajukan dapat dipenuhi, akan tetapi yang menentukan formasi itu pemerintah pusat yang mereka keluarkan setelah melihat hasil Anjab (Analisis Jabatan), jadi pemkab hanya melaksanakan apa yang diperintahkan pusat,” ujar Eko Yulianto, mendampingi PLt Kepala BKDSDM Waykanan Hi. Saipul, S.Sos., M.IP.

Masih menurut Eko Yulianto, bahwa pada penerimaan ASN tahun 2021 ini, Waykanan mendapatkan formasi sebanyak 86 orang saja dengan perincian 82 orang untuk Tenaga Kesehatan dan 4 orang tenaga Teknis.

“Untuk pelamar umum yang masuk sebanyak 1030, dengan rincian pelamar tenaga Kesehatan sebanyak 956 pelamar guna memperebutkan 82 formasi yang tersedia dan pelamar tenaga teknis sebanyak 74 orang untuk memperebutkan 4 formasi yang tersedia padahal Waykanan mengusulkan penambahan 523 Pegawai, dan untuk formasi Kemetrologian dan dr. Gigi tidak ada pelamar,” terangnya.

Sementara untuk penerimaan PPPK di Waykanan terdapat 1.536 pelamar yang memenuhi syarat yang masuk padahal Waykanan sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat (SK Menpan) 1.613 orang.

“Jadi yang bisa mengikuti penerimaan PPPK ini mereka yang sudah terdaftar di Dapodik Dinas Pendidikan dan Budaya Waykanan minimal sudah honor 3 tahun lamanya, mungkin itu yang menjadi kendala sedikitnya pelamar yang masuk bahkan jauh di bawah yang dibutuhkan, selain mungkin faktor usia,” papar Eko seraya menambahkan saat ini pihak Panitia Penerimaan Pegawai Waykanan, baru selesai melakukan verifikasi berkas, yang nanti akan diumumkan pada 2-3 Agustus mendatang, untuk kemudian mengikuti tes yang jadwal pelaksanaannya masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.(sah/mlo)


Pos terkait