Dua Kecamatan Susul Deklarasi Pembentukan FK-LHP 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Deklarasi pembentukan Forum Komunikasi Lembaga Himpun Pemekonan (FK-LHP) tingkat kecamatan, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terus berlanjut.

Seperti akhir pekan Sabtu (13/11), bertempat di Balai Pekon Waypetai Kecamatan Sumberjaya para anggota LHP Lima pekon di kecamatan tersebut resmi mendeklarasikan terbentuknya FK-LHP Kecamatan Sumberjaya. 

Bacaan Lainnya

Dalam acara itu tampak hadir pengurus FK-LHP Kabupaten Lambar, Toni Doso Priyono, Hairulloh dan Poniman. Kegiatan deklarasi diawali dengan musyawarah untuk memilih ketua beserta pengurus FK-LHP yang difasilitasi oleh presidium FK-LHP Lambar. Dan Musyawarah berjalan dengan santai dan penuh dengan suasana kekeluargaan. 

Dalam sambutannya, Toni Doso mengingatkan kembali tujuan membentuk forum ini adalah murni sebagai wadah silaturahmi, komunikasi, koordinasi dan juga diskusi terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi LHP.

“Ini wadah keluarga LHP, disini kita bersilaturahmi, saling belajar dan saling support untuk bekerja melaksanakan tupoksi sehingga lebih baik,” katanya.

Disampaikan juga oleh Toni, dinamika badan permusyawaratan desa atau di Lambar disebut LHP ini sangat dinamis, walaupun masih ada yang menghadapi berbagai kendala baik internal maupun secara eksternal kelembagaan.

Dan untuk mencoba memperbaiki keadaan tersebut, pihaknya memulai dengan membentuk wadah silaturahmi. “Ini rumah besar keluarga LHP se Lampung Barat, dan untuk lebih memudahkan konsolidasi dan komunikasi serta koordinasi maka dibentuk FK-LHP di setiap kecamatan,” ungkapnya.

Toni juga menjelaskan, di usia FK-LHP yang masih seumur jagung ini sudah mampu menunjukan eksistensi dengan berperan aktif memberikan masukan dan koreksi atas kebijakan pemkab yang terkait dengan LHP, Rapat dengar pendapat (RDP) beberapa hari lalu dengan komisi 1, Kabag Hukum dan Dinas PMP Lambar.

Itu merupakan salah satu bukti keberadaan FK-LHP diapresiasi dan diterima oleh DPRD Lambar dan Pemkab Lambar.

Penjelasannya, FK-LHP bukan wadah gerakan politik praktis dan pragmatis, tetapi ini murni terkait ikhtiar para LHP aktif untuk meningkatkan kinerja dan pengabdiannya untuk mendukung pekon menuju Lampung Barat Hebat dan Sejahtera sebagaimana visi dari Bupati Parosil Mabsus dan Wabup Mad Hasnurin, LHP kuat, Pekon Hebat demikian tegasnya.

Untuk diketahui Ketua FK-LHP Kecamatan Sumberjaya terpilih, Ketua Hermansyah LHP Pekon Waypetai, Sekretaris Satu Desi dari Pekon Simpangsari, Sekretaris Dua Ririn dari Pekon Sukapura, Bendahara Misrun dari Pekon Sidangpagar, 

Dalam sambutannya Ketua Terpilih Hermansyah menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak, khususnya Pekon Waypetai yang sudah memfasilitasi dengan menyediakan tempat untuk musyawarah yang berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

“Amanah ini adalah amanah untuk kebaikan kita semua, untuk pekon bukan untuk kepentingan pribadi,” ungkapnya

Dengan struktur kepengurusan yang telah terbentuk ini, pihaknya akan memulai konsolidasi dan mengidentifikasi hal- hal yang menjadi kendala atau masalah yang ada pada LHP, kemudian menyusun program untuk mengatasinya. 

Dihari yang sama pembentukan FK-LHP Kecamatan Sumberjaya juga berlangsung dan dalam acara itu terbentuk struktur kepengurusan kecamatan, Ketua Efson Hadi, Wakil Gatot, Bendahara Subagio, dan Sekretaris Deni. (r1n/mlo)

Pos terkait