Dua Pekon di Lambar Terima Anugerah Desa Wisata Kemenparekraf RI

  • Whatsapp
Kepala Disporapar Lambar Tri Umaryani, SP, M.Si.

Medialampung.co.id – Dua pekon (desa) di Kabupaten Lampung Barat, menjadi dua dari 300 desa di Indonesia yang mendapatkan anugerah sebagai desa wisata indonesia tahun 2021 yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, dalam Anugerah Desa Wisata, Indonesia Bangkit dengan Tema Mewujudkan Desa Wisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing dan Berkelanjutan. 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar Tri Umaryani, SP, M. Si., mengungkapkan, untuk Provinsi Lampung hanya ada lima desa yang menerima anugerah tersebut, dua diantaranya dari Lambar yakni Desa wisata Rigisjaya Kecamatan Airhitam dan Desa Wisata Datar Petai Land Kecamatan Sumberjaya. 

Bacaan Lainnya

“Suatu kebanggan dimana dua desa yang ada di Lambar masuk dalam jajaran desa wisata Indonesia tahun 2021 yang ditetapkan oleh Kemenparekraf RI, tentunya ini diharapkan menjadi pemupuk semangat seluruh elemen untuk terus meningkatkan inovasi di bidang pariwisata,” ungkap Tri Umaryani. 

Dijelaskan, anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan lomba dari Kemenparekraf yang ditujukan bagi seluruh desa wisata di Indonesia.

“Lomba ini bertujuan untuk menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing,” ujarnya.

Terusnya, lomba ini memiliki tujuh kategori yang dapat diikuti yakni CHSE, Desa Digital, Souvenir (kuliner, fesyen, kriya), Daya Tarik Wisata (alam, budaya, buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

“Sehingga untuk menjadi desa wisata tentunya membutuhkan kerjasama dari seluruh elemen, dan saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dan sama-sama mewujudkan membawa kedua desa tersebut sebagai desa wisata Indonesia 2021,”  pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait