Dua Pelaku Begal Berhasil Ditangkap Polsek Pesisir Tengah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jajaran Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akhirnya berhasil menangkap dua pelaku pencurian kendaraan bermotor yang diduga dari hasil pembegalan di ruas jalan wisata Pekon Sukajadi-Walur Kecamatan Krui Selatan, sekitar pukul 20.00 WIB, pada Jumat (9/4) lalu.

Dua pelaku yang berhasil diamankan sekitar pukul 02.00 Wib, Minggu (11/4) itu yakni AM (18) warga Pekon Kota Batu Kecamatan Ngaras dan BP (16) warga Pekon Pagar Bukit Kecamatan Bangkunat, kedua pelaku masih berstatus pelajar kelas X di SMAN 1 Bengkunat.

Bacaan Lainnya



Kapolsek Pesisir Tengah, Kompol Muhidin, mendampingi Kapolres Lampung Barat (Lambar) AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., melalui Panit II Reskrim Polsek setempat Ipda Kasiono, S.E., mengatakan bahwa penangkapan kedua pelaku tersebut berdasarkan Laporan Polisi nomor : LP/186/IV/2021/ POLDA LPG/RES LAMBAR/SEK PETENG Tanggal 10 April 2021, dengan pelapor atas nama Andi Madasa (42), warga Kelurahan Pasar Krui Kecamatan Pesisir Tengah.

“Aksi pencurian kendaraan bermotor itu terjadi pada Jumat (9/4) sekitar pukul 19.30 WIB, pelapor bersama anaknya yang bernama Aldean Valentino berada di dalam rumahnya,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, anak pelapor keluar rumah karena dipanggil oleh dua orang laki-laki yang tidak dikenal, lalu anak pelapor mengeluarkan sepeda motor Vario 150 warna hitam dengan nopol BE 3002 XA dan pergi bersama kedua orang laki-laki tersebut. Selanjutnya, sekitar pukul 20.00 WIB pelapor ditelpon oleh saudara Alek untuk memberitahukan bahwa sepeda motor yang dibawa anak pelapor itu telah hilang dan anak pelapor sudah berada di kantor Polsek Pesisir Tengah.

“Atas kejadian adanya kendaraan bermotor jenis Vario 150 yang hilang tersebut pelapor mengalami kerugian sekitar Rp24 juta rupiah,” jelasnya.

Sementara itu, masih kata dia, setelah mendapat adanya laporan pencurian kendaraan bermotor itu, team Dhemit/Tekab 308 Polsek Pesisir Tengah yang dipimpin Panit II Reskrim Polsek setempat langsung melakukan penyelidikan. Bahkan, pada Sabtu (10/4) kembali melakukan penyelidikan diwilayah hukum Polsek Bengkunat dengan di back up team Tekab 308 Polres Lambar dan anggota Polsek Bengkunat terkait pencurian dengan pemberatan satu unit sepeda motor Honda Vario milik pelapor tersebut.

“Dari hasil penyelidikan tersebut, kemudian pada Minggu (11/4), sekitar pukul 02.00 WIB, team mendapat informasi yang diduga pelaku atas nama AM sedangkan berada di depan Bengkel Pekon Kota Batu Kecamatan Ngaras,” katanya.

Lanjut dia, setelah mendapat informasi tersebut, team langsung bergerak dan berhasil mengamankan AM berikut sebilah senjata tajam jenis kerambit yang diselipkan di pinggang sebelah kiri. Dari hasil interogasi, pelaku atas nama AM tersebut mengakui telah melakukan pencurian sepeda motor tersebut bersama BP, dan hasil curian di sembunyikan di rumah kosong yang berada di bawah jembatan Pekon Kota Batu.

“Kemudian ketika itu juga team langsung bergerak untuk mengamankan barang bukti sepeda motor hasil curian dan langsung bergerak untuk mengamankan BP di kediamannya tanpa perlawanan,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk barang bukti yang berhasil diamankan yakni satu unit sepeda motor jenis Honda Vario 150 hasil curian, satu unit sepeda motor jenis Honda Beat warna hitam Nopol BE 4251 XF yang digunakan sebagai alat pelaku, serta sebilah senjata tajam jenis kerambit. Kedua pelaku beserta barang bukti saat ini masih diamankan di Polsek Pesisir Tengah, guna dilakukan penyidikan lebih lanjut.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku tersebut dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” pungkasnya.(yan/mlo)



Pos terkait