Dua Pertama

  • Whatsapp

Oleh : Dahlan Iskan

Seperti juga Liverpool dan Barcelona, akhirnya pertahanan Indonesia jebol juga.

Bacaan Lainnya



Setelah dua bulan bikin aneh warga jagat raya 1 Maret kemarin ditemukanlah penderita virus Corona pertama di dekat Jakarta. Sekaligus dua.

Saya pun segera minta tolong wartawan yang rumahnya di Depok. Yakni Mangasi (Choky) Tampubolon. Ia wartawan Indopos alumni IISIP (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Choky pun segera ke rumah penderita itu. Kebetulan jaraknya kurang dari 3 Km dari rumahnya.

Ia harus melewati perumahan real estate kelas menengah. Jalannya selembar 6 meter. Kanan-kirinya rumah-rumah tipe 45.

Itulah perumahan Studio Alam Indah –yang kini sering disebut di media massa.

Di ujung jalan itu ada sebidang tanah agak luas. Lebih luas dari umumnya kaplingan di perumahan itu. Di atas tanah itu banyak pepohonan. Termasuk pohon-pohon pisang.

Ada juga warung kecil entah milik siapa. Lalu ada tiga bangunan sederhana di tanah itu. Di salah satu bangunan itu ada tempat yang cukup untuk latihan tari.

Rumah ini kelihatannya berada di luar komplek perumahan Studio Alam Indah –tapi seperti menjadi bagian di pinggirnya.

Itulah rumah Maria Darmaningsih. Penderita Coronavirus pertama di Indonesia.

Bahwa di situ ada ruang tari pemilik rumah itu memang guru tari. Dia juga dosen di Institut Kesenian Jakarta yang terkemuka itu –di Taman Ismail Marzuki itu.

Sebagai seniwati tari dia sangat terkenal. Profilnya sampai dimuat di Wikipedia. Dia juga penerima penghargaan dari kementerian pariwisata.

Maria termasuk tiga besar penari besar Indonesia. Khususnya tari Jawa, Sunda, dan Bali. Koreografinya sangat banyak –termasuk dipentaskan di luar negeri. Maria sendiri pernah menerima program sekolah di Australia.

Ibunyi pernah berkorban untuk bakat putrinyi itu. Sang ibu menjual arloji khusus hadiah dari Mendikbud saat itu. Untuk dibelikan gamelan –demi anaknyi itu.

Maria juga pernah menulis buku tentang tari yang diterbitkan Gramedia.

Di rumahnyi itu Maria juga membuka latihan tari untuk siapa saja.

Itulah Maria Darmaningsih. Usianyi: 64 tahun.

Itulah penderita pertama Coronavirus di Indonesia –yang terdeteksi.

Maria sendirian di rumah itu –sejak bercerai dengan suami sekian tahun lalu. Anak wanitanyi sesekali datang ke rumah ibunyi itu. Umur sang anak memang sudah 31 tahun –tinggal di Jakarta Selatan.

Sang anak menjadi penderita kedua Coronavirus di Republik ini –yang terdeteksi.

Bisa jadi yang penderita pertama adalah sang anak. Ibunyi yang tertular. Tergantung siapa yang lebih dulu berteman dengan si Jepang. Juga siapa yang lebih intens berhubungan di arena dansa.



Pos terkait