Dua Pokdakan di Pringsewu Kantongi Sertifikat CPPIB dari KKP RI

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Pringsewu telah mengantongi sertifikat Cara Pembuatan Pakan Ikan Yang Baik (CPPIB) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Keduanya yakni Pokdakan Tinem Langgeng Makmur (TLM) dan Mitra Patin. 

“Pentingnya sertifikat CPPIB bagi unit produksi pakan ikan,” terang Kepala Dinas Perikanan Pringsewu Debi Hardian.

Menurutnya CPPIB diperlukan sebagai bukti bahwa pakan ikan yang dihasilkan telah memenuhi standar mutu dan persyaratan teknis yang telah ditetapkan.

“Hal ini dalam rangka menjamin mutu produk dan pada akhirnya ada keterjaminan keamanan pangan bagi produk hasil budidaya ikan itu sendiri,” ujarnya. 

Meski demikian ditegaskan oleh Debi Hardian, pakan yang dihasilkan hanya untuk digunakan kalangan sendiri. Dimana tak diperbolehkan diperjualbelikan.

“Pakan tersebut hanya untuk anggota kelompok. Bila untuk komersil harus melalui izin yang lebih ketat lagi, dari pemerintah,” jelasnya.

Selain itu Pokdakan yang telah mengantongi CPPIB hasil produksinya secara berkala tetap dipantau oleh Kementrian. Hal tersebut dimaksudkan selain bentuk pengawasan juga guna menjamin produk pakan yang dihasilkan.(sag/mlo)




Pos terkait