Dua Puskesmas di Pesbar Kerjasama Dengan BPJS Kesehatan

  • Whatsapp

Medialmapung.co.id Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2020. Kegiatan itu dipusatkan di aula Sunset Beach Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (5/3).

Hadir dalam kesempatan itu, kepala Dinkes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km, S.H, M.M., kepala cabang BPJS Kesehatan Kotabumi, Lia Y.Surosa, kepala Puskesmas dan bidan jejaring Puskesmas se Kabupaten Pesbar serta seluruh peserta monev JKN.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Tedi Zadmiko, mengatakan JKN telah berjalan sejak beberapa tahun lalu, tapi dalam pelaksanaannya banyak permasalahan dan kendala yang dihadapi, terutama pada fasilitas kesehatan ditingkat pertama dan tingkat lanjut.

Meski begitu, seluruh masalah dan kendala itu diharapkan tidak menjadi penghalang dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat.

“Tapi semua itu harus dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan sehingga masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan,” katanya.

Dijelaskan, fasilitas kesehatan dalam hal ini Puskesmas juga dituntut dapat memanfaatkan teknologi untuk mengupdate ilmu, meningkatkan kompetensi bagi tenaga kesehatan di Puskesmas, baik dokter, perawat, bidan atau tenaga kesehatan lainnya dengan menyediakan anggaran sesuai peraturan yang berlaku.

“Kita juga minta kepada kepala Puskesmas di Kabupaten Pesbar ini agar terus memberikan pembinaan kepada sumber daya manusia (SDM), baik yang ada di Puskesmas maupun jejaring yang ada diwilayah kerja Puskesmas,” jelasnya.

Ditambahkannya, pembinaan itu salah satunya yakni dengan melakukan monitoring pelaksanaan pelayanan, laporan bulanan yang wajib dilaporkan setiap bulan, triwulan, semester maupun tahunan atau sewaktu-waktu diperlukan.

Sekedar diketahui bahwa, sejak 1 Januari 2020 lalu telah bertambah fasilitas kesehatan atau Puskesmas yang telah bekerjasama dengan BPJS kesehatan yakni Puskesmas Way Krui dan Puskesmas Krui Selatan.

“Saya berharap kedua Puskesmas itu dapat menunjukan kinerja yang baik dengan menerapkan komitmen terhadap pelayanan, baik angka kontak, kegiatan prolanis dan rujukan non spesialistik,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait